Tutup Menu

KOARMADA III Menyelenggarakan Latihan Pengamanan VVIP

Jumat, 13 November 2020 | Dilihat: 301 Kali
    
Ambon, Skandal

Komando Armada (Koarmada) III dan jajaran menyelenggarakan Latihan Pengamanan Very Very Important Person (VVIP) secara besar-besaran selama lima hari di wilayah Kota Ambon, Provinsi Maluku, dan puncaknya pada hari Jumat (13/11/2020).

Latihan ini diikuti oleh 910 prajurit, KRI Teluk Lada-521, KRI Kerapu-812, KAL  Alkura, 1 heli, dan 2 Sea Rider.

Latihan ini bertemakan Satuan Tugas Pengamanan VVIP Koarmada III Melaksanakan Operasi Pengamanan VVIP Aspek Laut di wilayah Indonesia bagian timur dalam rangka mendukung tugas pokok TNI”. 

Selama latihan para peserta senantiasa menerapkan protocol kesehatan pencegahan Covid-19.

Latihan tersebut disaksikan langsung Panglima Koarmada III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., Komandan Guspurla Koarmada III Laksma TNI Rudi Aviantara, M.Si., M.Tr. (Han)., Komandan Lantamal IX Ambon Laksma TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., dan sejumlah pejabat TNI dan Polri. 

Menurut Pangkoarmada III bahwa latihan pengamanan VVIP Koarmada III ini, merupakan tindak lanjut dari Direktif Panglima TNI pada penyelenggaraan latihan pengamanan VVIP Koarmada III tahun 2020 yang dilaksanakan di wilayah Kota Ambon. 
“Pelaksanaan latihan pengamanan VVIP Koarmada III tahun 2020 ini dibagi menjadi tiga tahap. Pada tahap pertama pembekalan, tahap kedua drill teknis dan taktis serta tahap ketiga adalah manuvra lapangan dengan melaksanakan skenario secara utuh,” tegasnya.

Pangkoarmada III mengatakan bahwa latihan pengamanan VVIP Koarmada III ini pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan prajurit Koarmada III dan Lantamal IX agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang handal dalam melaksanakan tugas pengamanan VVIP secara berhasil dan berdaya guna dihadapkan pada berbagai situasi, kondisi serta dinamika perkembangan lingkungan strategis, baik pada tataran global, regional dan nasional. 

Sasaran yang ingin dicapai antara lain terwujudnya kemampuan melaksanakan  dukungan  fasilitas  dan  pengamanan  di  KRI onboard VVIP, kemampuan melaksanakan penyekatan, pengawasan dan pengamanan KRI onboard  VVIP, kemampuan melaksanakan   penyelamatan   taktis    dan    medis    beserta sarana/prasarana berupa unsur tugas angkut, unsur tugas kawal, rumah sakit rujukan, heli konjerat standar VVIP (onboard KRI) serta safe area. “Terwujudnya kemampuan melaksanakan sterilisasi kapal laut, kemampuan melaksanakan teknik mengatasi ancaman,” ujarnya (DISPEN LANTAMAL IX).

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com