,
30 April 2019 | dibaca: 1229 Kali
Rusbandi, Kandidat Ketua 1 HIKKAPI, Bidik Pameran Inno Trans Jerman
noeh21
Yogyakarta, Skandal

Munas ke- IV Himpunan Kontraktor Perkeretaapian Indonesia (HIKKAPI) rada-rada istimewa. Maklumlah, Munas yang digelar di Hotel Haytt Regency Yogyakarta, ini bersamaan dengan resepsi perkawinan putri salah seorang anggota HIKKAPI.




Siapa? Telunjuk bakal mengarah kepada Bandi, begitu panggilan akrab Rusbandi, anggota DPD HIKKAPI Jateng - Yogyakarta. Makanya, setiba di hotel, para peserta digiring ke resepsi, sebuah taman terbuka dengan konsep standing party.

Dari lobi hotel, sayup-sayup terdengar suara   MC dari artis kondang berdarah Batak, Melani Ricardo. 

"Selamat datang para tamu. Silahkan mencicipi hidangan yang telah disediakan," jelas Melanie, begitu sapaan akrabya.

"Iya, itu anak saya kedua, seorang putri," ujar Bandi pada awak pada media dalam sebuah obrolan. Dia menyebut putrinya lulusan design yang menekuni usaha kos dan animasi.

Selain resepsi, Munas keempat HIKKAPI ini juga, seperti dikatakan oleh Ketua DPD Jateng - Yogyakarta, Bambang Indriyanto, menggadang-gadangkan Bandi sebagai Ketua 1: mengurusi soal hubungan ekternal.

Bandi menampik klaim tersebut.  "Masih terlalu sumir mas. Belum diumumkan kabinetnya oleh Ketum terpilih," jelasnya.

Hanya saja dia berharap, kabinet periode 2019 - 2023 ini lebih aktif menjalin hubungan dengan regulator maupun operator. 

Lagi-lagi, seperti dikatakan Bambang Indrianto, sinergi itu harus dengan profesionalitas dan kualitas. 




Nah, bagaimana resep meningkatkan kualitas? Bandi menyebut selain sertifikasi, juga aktif melakukan pelatihan,  baik sifatnya menajemen maupun hal-hal menyangkut konstruksi. 

"Paling penting soal tekhnologi perkeretaapian," tegasnya. Maklumlah, tekhnologi perekeretapian berkembang pesat. 

Di sinilah Bandi yang berasal dari Wonosari, Gunung Kidul ini, mengusulkan agar DPP ke depan banyak berdialog dengan Masyarakat Perkeretaapian. 

"Di Maska itu banyak orang pintar. Jadi penting HIKKAPI bersinergi," pintanya. 

Tak hanya itu. Lelaki berperawakan tinggi ini mengusulkan agar HIKKAPI banyak mengikuti pameran kereta api. Salah satunya, pameran yang dibidik adalah pameran Inno Trans di  Berlin.

"Itu pameran terbesar industri kereta api di Jerman yang setiap digelar," tegas Bandi.

 Di pameran itu HIKKAPI dapat mengikuti perkembangan yang update, lalu diimplementasikan bersama dengan regulator maupun operator.

Dia yakin, bila tranformasi teknologi terjalin, maka HIKKAPI dapat bisa menjadi pemasok kebutuhan kereta apj, termasuk tenaga kerja.

"Mari kita mencintai dan mengembangkan HIKKAPI, sehingga bisa memberikan kontribusi bagi industri perkeretaapian" pintanya.

Terlebih kersta api sebagai angmutan massal, perannya sangaf strategis bagi negeri ini, sekaligus menyatukan Nusantara lewat kereta api. (Ian)
Berita Terkait
Berita Lainnya