,
29 Juli 2019 | dibaca: 495 Kali
Ketua PWO Maluku:  Semoga Ada Menteri dari Maluku
noeh21

Ambon, Skandal

Lagi-lagi beredar nama-nama calon sejumlah menteri, termasuk saat bertemu dengan seterunya, Prabowo Soebianto.

Namun, dari sekian bocoran itu, Ketua Perkumpulan Wartawan Online (PWO) Maluku, Buce Rahakbauw, rada-rada prihatin. Kenapa?




"Karena dalam bocoran itu, tak ada satupun nama menteri berasal dari Maluku," jelas Obama, begitu panggilan akrabnya.

Menurut dia, sekalipun menteri itu hak prerogratif presiden, alangkah eloknya putra terbaik Maluku menjadi menteri. "Sehingga Indonesia Raya terlihat dari kabinet kerja, baik partai, profesional maupun asal daerah," jelas Obama, seraya menolak alasan putra terbaik Maluku menjadi menteri bukanlah primodialisme, apalagi kedaerahan. 

Dia menyebut, alasan menteri itu, karena jatah menteri asal Maluku sangat minim, baik di Orde Baru maupun di Orde Reformasi. "Di Orba hanya mencatat nama Abdul Gafur sebagai  Menteri Pemuda dan Olahraga. Sedang di reformasi, hanya pada era SBY, Alex Retrau," papar putra asli Maluku Tenggara ini.

Padahal, jika membandingkan daerah lain, nyaris menjadi langganan menteri, siapa pun presidennya. Minimal satu atau dua menteri. "Nah, Maluku yang menjadi menteri terhitung dengan jari sepuluh. Bahkan di bawah jari lima," ujar Obama.

Dia menyebut, prestasi "terbesar" orang Maluku saat ditunjuknya J Leimina sebagai Wakil Perdana Menteri era Soekarno. Setelah itu, kontribusi putra-putri daerah yang dijuluki Seribu Pulau itu terhitung dengan jari.

Terlebih, dari segi pendidikan, Maluku pernah menempati nomer empat terbagus di negeri ini. "Tapi, setelah itu, nomer empat di belakang. Itu kan pernyataan dari Rizal Ramli," jelas Obama saat menonton acara ILC.

Namun Obama yakin, saat ini secara kualitas, pasti ada SDM Maluku yang handal, menguasai satu bidang yang digeluti. Katakan saja, sesuai demografi Maluku, terdiri dari kepulauan yang kaya dengan ikan,  lalu kandungan gas dengan blok Masela.

"Saya sih berharap, Menteri Perikanan, atau Daerah Tertinggal dari Maluku," jelasnya. Dua hal itu, identik dengan potret Maluku.

Dia berharap, Kabinet Kerja Jokowi jilid 2, ada putra terbaik Maluku yang menjadi menteri. Sehingga Kabinet Jokowi bukan hanya diisi kalangan partai, profesional tapi ada keterwakilan daerah. 

"Semoga ada orang Maluku yang dipercaya jadi menteri," pinta Obama penuh harap. (Lian Lubis)
Berita Terkait
Berita Lainnya