,
31 Oktober 2019 | dibaca: 382 Kali
Pilkades Serentak,  Panitia Harus Adil dalam Memberi Layanan
noeh21


Rembang-Skandal

Pilkades di Kabupaten Rembang secara serentak akan digelar pada 6 November 2019, diikuti 237 desa yang tersebar di hampir seluruh kecamatan. Dari sisi regulasi, aturan mainnya sudah memiliki payung hukum yang dituangkan dalam Peraturan Bupati, Surat Edaran Bupati serta untuk memperlancar kinerja panitia juga sudah ditentukan tahapan-tahapannya. 

Khusus untuk Kecamatan Sulang gelar pilkades serentak tahun ini diikuti 18 desa dari 21 desa yang ada di wilayah tersebut.





Sebagai upaya untuk mendukung agar pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Sulang berjalan kondusif dan tidak melanggar rambu-rambu aturan yang telah digariskan, Rabu (30/10) dilakukan Apel Siaga Satlinmas yang diramu dengan Silaturahmi Kamtibmas. Dalam kegiatan ini diikuti tak kurang dari 200 peserta. Terdiri dari jajaran Forum Pimpinan Kecamatan (Camat, Kapolsek dan Danramil), Sekcam dan Pimpinan OPD, PLT Kepala Desa, Ketua Panitia Pilkades, Calon Kepala Desa (Cakades), Timses Masing-masing Cakades, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan Pelaksana Teknis Kecamatan.

Sebelum disampaikan amanat oleh Pembina Apel, masing-masing perwakilan dari Satlinmas, Panitia Pilakdes, Cakades dan Timses membacakan ikrar. Dalam amanatnya, Camat Sulang Slamet Haryanto mengharapkan agar semua pihak yang terlibat dalam Pilkades hendaknya dapat menjaga kondusifitas wilayah.

Masing-masing perangkat mengetahui tugas dan fungsi masing-masing sehingga nantinya Pilakdes dapat berjalan aman, lancar dan damai. Panitia dan Satlinmas harus bersikap netral meski punya pilihan dan hendaknya bersikap adil dalam memberi layanan. 

Khusus kepada Timses, Camat Sulang mewanti-wanti agar tidak melakukan black campaign (Kampanye hitam) dan hendaknya bekerja secara professional kepada calon kepala desa yang didukungnya. 

“Kami berharap kepada semua timses agar tidak melakukan black compaign, berilah dukungan secara profesional dan menghindarkan diri dari sifat-sifat tercela. Bila hal itu dapat dilakukan, maka Pilkades serentak di Kecamatan Sulang akan berjalan secara kondusif,” tandasnya.

Seusai apel semua peserta mengikuti acara silaturahmi Kamtibmas yang digawangi jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Sulang. Dalam forum ini semua Cakades dan Timses masing-masing calon menandatangani deklarasi damai yang telah disiapkan di lembaran banner disaksikan oleh Camat, Kapolsek dan Danramil serta seluruh peserta yang hadir. 





Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama-sama dilanjutkan dengan arahan dari para pimpinan, yang memberi arahan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Intinya semuanya berharap agar pilkades berjalan kondusif. 

Dalam melaksanakan tugas, semua panitia tetap berpegang pada aturan yang ada, transparan dan profesional. Demikian halnya Cakades dan Timsesnya diminta tetap menjaga harmoni berdemokrasi serta berkompetisi yang baik sesuai aturan.

“Kami mengajak semua komponen baik panitia, calon, timses dan satlinmas untuk menjaga suasana yang sejuk dan kondusif. Silakan berkompetisi yang baik sesuai aturan. Dengan demikian nantinya kita akan mendapatkan pemimpin terbaik diantara semua calon yang baik,” tegas Kapolsek sulang IPTU Heri Basuki. (Agus)
Berita Terkait
Berita Lainnya