Tutup Menu

Akibat Kurang Perhatian Pemkab Batu Bara, Ruas Jalan 3 Desa Jadi Kolam

Selasa, 19 November 2019 | Dilihat: 470 Kali
    

Batu Bara, Skandal

Kondisi ruas jalan yang menghubungkan tiga desa yakni Desa Ujung Kubu, Desa Sei Mentaran dan Desa Tanjung Mulia di Kecamatan Nibung Hangus kondisinya hancur bagaikan kolam ikan. Sejumlah warga mengeluh, karena sulit untuk mengangkut aktivitas bahan pertanian mereka.

Ahmad Warga Desa Tanjung Mulia mengaku akses jalan yang menghubungkan tiga desa itu sebagai urat nadi perekonomian masyarakat. Jika kondisi jalan itu terus dibiarkan, maka dalam waktu dekat warga akan datang kekantor bupati untuk menyampaikan aspirasi.




“Kita tidak mengancam untuk melakukan aksi unjuk rasa, karena kami sudah lama menyampaikan persoalan ini kepemerintah daerah, tapi toh juga belum diperbaiki,” Terang ahmad, didesa setempat minggu (17/11/2019).

Tak hanya Ahmad, warga lain juga menyampaikan hal yang sama. Seperti halnya Zainal. Warga Sei Mentaram ini mengaku sulit untuk memesan bahan matreal ketika membutuhkan bahan bangunan untuk memperbaiki rumah. Karena, saat kendaraan yang melintas sulit untuk melewati medan jalan yang berlobang dan bergelombang.

“Warga selalu mengeluhkan kondisi jalan itu, karena mereka susah melewati jalan itu ketika panen maupun mengangkut bahan matreal,” Kata Zainal.

Kondisi jalan ini, katanya, tidak bisa dianggarkan melalui dana Desa setempat, karena jalan itu merupakan akses jalan kabupaten sehingga tidak bisa dikucurkan anggarannya melalui pemerintahan desa.

“Inikan jalan Kabupaten, kok jalan desa sudah dari dulu bisa dianggarkan di tiga desa ini itu,” Kata Zainal.

Persoalan itu, sebutnya, telah disampaikan kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait, namun hingga sejauh ini, pihak dinas belum ada turun meninjau lokasi.

“Kita sudah sampaikan persoalan ini ke bupati dan bupati juga sudah merekomendasikan hal ini kedinas terkait, tapi, Dinas terkait belum juga merespon meski itu perintah Bupati,” Terang Zainal.

Tak hanya warga, ujar dia, pemerintahan desa juga telah mengusulkan perbaikan jalan itu melalui proposal, namun pihak pemerintahan Batubara hingga kini belum serius mendengar keluhan warganya.

Pantau awak media, kondisi jalan jalan yang berlobang dan bergelombang mendominasi akses jalan ke tiga desa itu. Jarak lobang pada jalan hampir berdekatan, sehingga sulit dilalui kenderaan meski masih bisa dipilih-pilih.

Kondisi jalan itu, tentu berdampak pada perekonomian warga di tiga desa. Ketika hujan, warga terpaksa harus menggunakan sepeda motor roda dua untuk mengangkut aktivitas hasil panen mereka. (RH)
 

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com