Tutup Menu

Kemensos Terus Entaskan Kemiskinan

Sabtu, 21 Desember 2019 | Dilihat: 779 Kali
    

Banjarmasin, Skandal

Kementerian Sosial RI terus berupaya untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia melalui program-program andalan. Salah satunya melalui Program Keluarga Harapan(PKH).

Menteri Sosial Juliarti P Batubara melalui Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial (BBKS) mengatakan,bahwa pihaknya akan terus melanjutkan program PKH ini sampai ke tahun depan,  dan kemungkinan  ada 10 juta Keluarga penerima PKH. Bahkan ada penambahan indeks Ibu hamil. 

"Semoga ke depannya berjalan lancar," ujarnya di Banjarmasin, Kamis 19-12-2019.

Meskipun Program Keluarga Harapan(PKH) tetap dilanjutkan,  Menteri mengharapkan peserta program PKH ini setiap tahunnya berkurang. Sebab, bila pesertanya semakin bertambah, itu angka kemiskinan tidak berkurang.

"Program Keluarga Harapan(PKH) merupakan  program perlindungan sosial dari pemerintah untuk menekan lajunya angka kemiskinan di Indonesia.Semoga dengan Program Keluarga Harapan ini,semakin banyak masyarakat yang mandiri,dibanding jadi peserta baru," ungkapnya. 

Walau nanti jumlah  peserta PKH berkurang, tambahnya, itu bukan berarti Kementerian Sosial yang memangkasnya,  Melainkan adanya Keluarga penerima manfaat (KPM) yang telah graduasi sehingga tidak memerlukan lagi program PKH,karena status perekonomianya sudah meningkat.

 Menteri Sosial Juliarti juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua pihak atas terlaksananya puncak HKSN 2019. 

Menurutnya, BBKS ini merupakan momen untuk memperlihatkan dan membuktikan implementasi kekompakan elemen bangsa untuk menangani masalah sosial, sejalan dengan tema Kesetiakawanan Menembus Batas.

Kota Banjarmasin sendiri pada Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial ini telah mendapatkan bantuan  1.000 paket sembako dan dua buah closet. Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin Iwan Setiawan mengatakan 1.000 sembako tersebut akan dibagikan kepada para fakir miskin yang berada di Kecamatan Banjarmasin Selatan dan Banjarmasin Barat.

Iwan pun berterima kasih kepada Mitra Kemensos yang telah memberikan bantuan.sehingga dapat meringankan beban warga kurang mampu di kota ini. Selain penyerahan paket sembako yang langsung disaksikan Menteri Sosial Juliarti,kegiatan ini juga melakukan pelayanan sosial,seperti penyuluhan sosial,donor darah,pengobatan gratis serta khitanan massal.

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com