,
26 Februari 2020 | dibaca: 70 Kali
Besok, IPJI DKI Gelar Lokakarya CSR
noeh21


Jakarta, Skandal

 Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) DPW Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Lokakarya Pengelolaan Dana CSR untuk BUMN, BUMD dan Swasta, di Hotel Grand Cempaka, besok pagi, 27/2.

Sesuai rencana kegiatan ini akan dilaksanakan besok (Kamis, 27/02/2020), dari pukul 8.00 pagi hingga sore hari. 

Menurut Heri Sulaiman, ketua DPW IPJI DKI Jakarta, kegiatan ini merupakan salah satu 

"Kegiatan ini sudah dimasukan dalam agenda kerja IPJI DPW DKI Jakarta," ujar Ketua IPJI DKI Jakarta, Herry Sulaiman.

Menurut dia, lokakarya ini digulirkan, karena selama ini pengelolaan CSR/TSDLU dinilai publik ‘tidak transparan’, hanya untuk kepentingan tertentu dan cenderung dimanfaatkan untuk kepentingan politik. 

"Ada beberapa tujuan yang akan dicapai dalam lokakarya ini," ungkap Herry.

Paling terpenting, meminta  BUMN/BUMD lebih profesional dan transparan dalam mengelola dana CSR/hTSDLU untuk kegiatan masyarakat. "Lewat lokakarya ini, para peserta diharapkan bisa memahami  kebijakan Provinsi DKI Jakarta dalam memenuhi kegiatan masyarakat, terutama yang dibantu oleh dana CSR," lanjut Herry.

Menurutnya, secara regulasi melalui Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas telah menempatkan CSR dari soft law menjadi hard law, termasuk kewajiban perusahaan dalam mengalokasikan dana CSR. Karena itu, melalui Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang Informasi Publik, secara nyata masyarakat berhak mengetahui alokasi CSR yang sudah disalurkan kepada masyarakat, sehingga pengelolaan CSR tersebut akuntabel, tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan. 

"Jadi lokakarya ini manambah wawasan masyarakat tentang CSR," jelas Herry, menyebut persiapan lokakarya ini hampir rampung.

Sementara itu, Ayomi Mahayu, S.Si, Ketua Pelaksana Lokakarya mengungkapkan, nara sumber dan pihak-pihak yang diundang dalam kegiatan ini semuanya sudah terkonfirmasi. “Mudah-mudahan sesuai dengan rencana, tak ada halangan di hari H-nya," jelas Ayomi.

Sampai berita ini diturunkan, tercatat ada 14 BUMN/BUMD yang sudah konfirmasi  menghadiri acara ini. “Masih ada peserta yang akan langsung daftar di lokasi acara, seberapa banyak jumlahnya,  untuk pastinya pada saat pelaksanaan,” ungkapnya 

Adapun perusahaan yang sudah mengkonfirmasi diantaranya  PT. Kereta Api Indonesia (Persero),  PT. Jakarta Propertindo, Perumda Pembangunan Sarana Jaya, PT. Cemani Toka, PT. Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Persero, PT. Indomarco Prismatama, PT. Food Station Tjipinang Jaya, PT. Jamkrida Jakarta, PD. Dharma Jaya, PD. Pal Jaya dan PAM JAYA. (***)
Berita Terkait
Berita Lainnya