Tutup Menu

Rakernas Peradi SAI ke III Usung Era Teknologi

Sabtu, 11 Juni 2022 | Dilihat: 158 Kali
Dari kiri ke kanan, Ketum Peradi SAI Juniver Girsang, Sekjen Peradi SAI Pata M Zen, Ketua DPC Peradi SAI Jakbar Stefanus Gunawas (foto istimewa)
    
Penulis : H. Sinano Esha
 
DENPASAR –Tabloidskandal.com ll Sedikitnya 800 advokat dari seluruh Indonesia yang tergabung di Perhimpunan Advokat Indonesia - Suara Advokat Indonesia (Peradi-SAI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III pada 10-12 Juni 2022 di Hotel The Stone, Denpasar, Bali.

Perhelatan akbar bertemakan “Peranan Organisasi Advokat Menghadapi Era Disrupsi Teknologi” tersebut dibuka oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua Umum DPN Peradi SAI Juniver Girsang, juga dihadiri Gubernur Bali Wayan Koster dan jajaran pejabat pemerintahan Pulau Dewata Jumat (10/6/2022).

Dalam keterangan tertulis Juniver Girsang menyatakan, Peradi SAI mengajak para advokat untuk adaptif, inovatif dalam menghadapi era disrupsi teknologi dan tatanan new normal. Baik yang terjadi saat ini, atau yang akan datang.

“Diharapkan, Peradi SAI menjadi sebuah organisasi berbasis digital, untuk memudahan konektivitas dan akses layanan terhadap advokat dan calon Advokat. Itulah salah satu implikasi dari dinamika organisasi, dan Peradi SAI juga berpartisipasi aktif agar RUU Perlindungan Data Pribadi dapat segera disahkan,” ujarnya.

Berkaitan dengan basis digital, Juniver menegaskan, bahwa pihaknya memiliki kepentingan lantaran data pribadi para anggota dan calon anggota wajib dijaga dan dilindungi kerahasiaannya.

"Pencapaian terhebat sebuah visi dan misi organisasi adalah, ketika manfaat dari organisasi itu memberikan keuntungan maksimal bagi para anggota dan masyarakat luas," katanya, seraya menambahkan melalui Rakernas III Peradi SAI seluruh advokat di negeri ini berada dalam satu wadah profesional.

Sementara Sekretaris Jenderal (Sekjen) PERADI-SAI Patra M Zen menjelaskan, sejak 6 Juni 2022 sistem informasi advokat (SIA) telah dapat diakses oleh seluruh anggota melalui website: peradi.org.
“Sistem ini memberikan fasilitas kepada semua anggota Peradi SAI untuk secara mandiri akan lebih mudah memperbaharui data diri dan keahliannya melakukan daftar ulang, dan berbagai manfaat lainnya,” kata Patra.

Sekjen Peradi SAI itu memperbolehkan me-login pada bagian SIA yang terletak di bagian bawah situs Peradi SAI, dan rasakan sendiri sensasi dan manfaatnya.


Hal senada juga dikatakan Ketua DPC Peradi SAI Jakarta Barat Stefanus Gunawan. Diharapkan anggota Peradi SAI dan seluruh advokat Indonesia menguasai dan berinovatif teknologi, terlebih lagi sistem peradilan di negeri ini sudah berbasis teknologi.

“Seperti diketahui, sistem peradilan saat ini sudah bukan lagi bersifat konvisional, tapi sudah berbasis teknologi. Melalui Rakernas ini, Peradi SAI mengajak seluruh rekan-rekan mengikuti perkembangan, dan berinovatif terhadap kemajuan yang begitu cepat saat ini,” katanya kepada Tabloidskandal.com melalui pesan lisan, Sabtu (11/6/2022).

Ditambahkan, Peradi SAI saat ini satu-satunya organisasi advokat yang telah memanfaatkan teknologi modern. Seluruh data anggota SAI maupun tentang organisasi advokat di Indonesia dapat dengan mudah diketahui melalui sistem digital di Peradi SAI.

“Peradi SAI mendesak pemerintah agar segera mengesahkan RUU Perlindungan Data Pribadi agar seluruh advokat di negeri merasa aman atas data pribadinya,” pungkas Stefanus.

 

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com