,
14 Juli 2019 | dibaca: 933 Kali
AK Tipu Warga Mencapai Miliaran Rupiah
noeh21

Lubuklinggau, Skandal

Ak, pemilik toko manisan di Jalan Yos Sudarso, Lubuklinggau, Sumatera Selatan, berhasil menipu para warga dengan modus meminjamkan uang maupun barang tanpa sepeser pun imbalan.

Lelaki kelahiran Pangkal Pinang ini mampu menyakinkan orang. Terlebih dia memiliki ruko dan sebuah mobil, sehingga bisa mengambil beberapa produk dari supplier, seperti rokok, keperluan rumah tangga, ataupun meminjamkan uang dengan menjaminkan mobil.

"Dia berjanji dua hari akan dikembalikan," ujar seorang warga, seraya menyebut para korban seperti dihipnotis meng-iya-kan permintaan AK.

Setelah beberapa hari, korbar sadar kena tipu, lantaran AK tidak bisa dihubungi maupun di Whatsupp. Terlebih Kamis Minggu lalu Hp dan WA-nya tidak aktif.

"Karena curiga kian bertambah, akhirnya warga  melaporkan ke RT 02 Wanto. Mereka berusaha membuka kunci toko saat itu juga," ungkap sumber.

Malah beberapa sales korban penipuan berusaha mengambil barangnya yang berada di Ruko. Ditaksir, AK menipu warga mencapai miliaran.

"Saya mencapai Rp 260 juta. Pertama Rp 100 juta, dan kedua Rp 160 juta lewat cek giro," ungkap Emilia, salah satu korban penipuan AK.

Melihat massa berkumpul di toko AK,  Ketua RT mengambil inisiatif menelpon Babin Kamtibmas. Hasilnya sepakat Ruko dikunci kembali, sambil musyawarah  d di Kantor Lurah Moneng Sepati, Kecamatan Linggau Selatan.

Lurah dan Kapolsek menyarankan agar para korban melapor ke Kapolres, baik perdata dan pidana.

Laporan diterima Aiptu Darno dan mem-BAB puluhan orang dijadikan satu.

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui keberadaan AK. Namun para warga dia berada di Jakarta, menyusul putrinya yang kuliah di Universitas Tarumanegara, kawasan Grogol, Jakarta Barat. (ED)
Berita Terkait
Berita Lainnya