,
30 Maret 2019 | dibaca: 222 Kali
Pesan Gubernur Papua kepada Para Kapolres
noeh21

Pontianak, Skandal

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono menyambut kedatangan Gubernur Papua, Lukas Enembe di Mapolda Kalbar. Dalam kesempatan ini Lukas Enembe memberikan kata sambutan untuk memotivasi semangat kerja jajarannya, Jumat (29/03) pagi.

"Kita akan mendengar satu-dua buah kata beliau, ada arahan-arahan buat kita sebagai memotivasi mendorong semangat kerja kita selama beliau bertugas menjadi gubernur Papua," ujar Kapolda Kalbar kepada Kapolres jajarannya melalui Video Conference.



Irjen Pol Didi Haryono mengatakan, Papua merupakan wilayah terbesar nomor satu di indonesia, disusul oleh Kalimantan Timur, yang ketiga Kalimantan Tengah dan yang ke empat Kalimantan Barat. 

"Tentunya dengan wilayah yang sangat luas yang dikelola oleh bapak Gubernur, pasti banyak hal-hal, pengalaman beliau yang mudah-mudahan bisa beliau sampaikan," ucap Kapolda Kalbar kepada Kapolres Jajaran di ruangan Coffe Morning Polda Kalbar.

Gubernur Papua, Lukas Enembe menerangkan, bahwa persoalan di Papua sangat kompleks, mulai dari permasalahan pembangunan hingga permasalahan geografis. Tetapi dalam soal keamanan, komunikasi dengan jajaran TNI-Polri tetap selalu ia utamakan.

"Kita ingin Indonesia tetap aman, Indonesia tetap utuh, Indonesia tetap dari Sabang sampai Merauke. Kita harap NKRI kita jaga. Persoalan-persoalan seperti ini bisa kita selesaikan," tegas Gubernur Papua saat memberikan arahan.

Lukas Enembe menuturkan, dalam meyelesaikan persoalan apapun tidak boleh menggunakan cara kekerasan, tetapi dengan cara pendekatan-pendekatan kemanusian dan pendekatan-pendekatan sosial.

"Kita minta jaga NKRI menjadi nomor satu. Karena tidak ada seorangpun yang bisa merubah NKRI kita, karena terganggu saja membahayakan. Tidak boleh kita dipisahkan dari Sabang sampai Merauke itulah harapan saya," tambahnya.

Gubernur Papua berpesan, agar anggota yang bertugas di Polres melaksanakan tupoksinya dengan baik, menjaga wibawa dan menjaga nama lembaga institusi dengan baik dengan cara pendekatan kemanusiaan.

"Bapak yang bertugas di Polres ini jaga masyarakat kita, jangan dengan cara-cara kekerasan. Hati-hati jangan kita coba-coba dengan cara kekerasan Polres harus menjaga wibawa dan lembaga institusi dengan baik, itu menjadi penting bagi aparat kita baik Polri maupun TNI," pesannya.

Terakhir, Lukas Enembe berpesan kepada para Kapolres agar menjaga perbatasan dengan baik. Karena, sebagaimana yang kita tahu, pulau Kalimantan dibatasi dengan negara Malaysia.

"Kemudian di pulaunya juga ada tiga negara, Malaysia, Indonesia dan Brunei. Ini perlu kita jaga, jangan sampai ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab dapat mengganggu keutuhan kita lewat perbatasan negara kita," lanjutnya.(Ril)
 
Berita Terkait
Berita Lainnya