Tutup Menu

LANAL BANJARMASIN GELAR LATIHAN SAR DAN JARKAPLID DI PERAIRAN BARITO

Senin, 10 Mei 2021 | Dilihat: 338 Kali
    
Banjarmasin - tabloidskandal.com.
Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin melaksanakan latihan SAR dan JARKAPLID (Pengejaran, Penangkapan dan Penyelidikan) di Pos TNI AL Trisakti dan Perairan Barito Banjarmasin yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbyantoko, M.Tr.Hanla.

Adapun sarana patroli yang digunakan antara lain 1 unit π˜™π˜π˜π˜‰ (π˜™π˜ͺ𝘨π˜ͺπ˜₯ 𝘏𝘢𝘭𝘭𝘦π˜₯ 𝘐𝘯𝘧𝘭𝘒𝘡𝘒𝘣𝘭𝘦 π˜‰π˜°π˜’π˜΅), 2 unit speed patroli yang dilengkapi dengan peralatan pendukung lainnya. 

Danlanal menyampaikan bahwa maksud dan tujuan latihan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Prajurit tentang π˜šπ˜–π˜— (𝘚𝘡𝘒𝘯π˜₯𝘒𝘳π˜₯ π˜–π˜±π˜¦π˜³π˜’π˜΅π˜ͺ𝘰𝘯𝘒𝘭 π˜—π˜³π˜°π˜΄π˜¦π˜₯𝘢𝘳) SAR dan Jarkaplid guna mendukung tugas pokok Lanal Banjarmasin.

Skenario latihan meliputi teknik SAR bagaimana mengatasi dan menolong orang jatuh di laut, prosedur pelaksanaan jarkaplid antara lain pengejaran, penangkapan kapal yang baik dan benar pada saat kapal tersebut melakukan pelanggaran saat melintas serta dilanjutkan proses penyelidikan sesuai UU yang berlaku.

Berkaitan dengan hal tersebut, Danlanal menekankan kepada Prajurit tidak memandang latihan ini hanya sebagai kegiatan rutinitas. Namun ikut berperan secara aktif menyempurnakan tugas dan peran TNI Angkatan Laut dalam menghadapi ancaman yang selalu berkembang.
(Adi/ Irwan)
 

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com