,
27 November 2019 | dibaca: 787 Kali
Kapolda Maluku Lakukan Patroli Perairan Sejauh 1282 Mil dengan Jetsky 
noeh21

Saumlaki,Skandal

 Kapolda Maluku Irjen Pol.Drs Roike Lumowa, MM  melakukan patroli perairan jarak jauh  sampai ke pulau Terluar dan Terjauh  Lirang Kabupaten Maluku Barat Daya ( MBD ),Propinsi Maluku. Jarak tempuh sejauh 1282 mil dengan menggunakan JetSky dan hari ini, Rabu (27/11) tiba di pelabuhan Saumlaki.

 Rute patroli yang ditempuh meliputi perairan Ambon, Banda, Pulau Kur, Tual, Larat, Saumlaki, Babar, Moa, Wetar dan Lirang, kemudian kembali ke Moa.






"Saya lakukan ini ingin mengajak anak - anak muda untuk cinta tanah air. Mari kita berbakti kepada Nusa dan Bangsa melalui laut. Potensi sumber daya laut Maluku sangat kaya, maka kita harus menjaga kelestarianya biar nilai ekonominya terus berputar seperti bola salju untuk anak cucu ke depan. Jangan buang sampah di laut dan jangan mengunakan bom ikan untuk  menangkap ikan di laut, karena cara yang tidak baik dan akan mengganggu lingkungan," tutur Kapolda.

Menurutnya, melakukan patroli ini sekaligus menyambut hari ulang tahun Polair yang ke 69  1 Desember. "Saya ingin melihat Pulau - Pulau Terluar dan Terjauh seperti Pulau Kur,Lirang walaupun tidak semua. Saya ingin melihat secara dekat kehidupan  masyarakat yang ada  di pulau - pulau itu," ungkap Kapolda

Di Pulau Kur, lanjutnya,  ada keluhan masyarakat agar  ASN dan TNI Polri yang bertugas di sana di berikan tunjangan karena perekonomian sangat mahal. Sebab itu Pulau Kur juga harus di jadikan Pulau Terluar atau Terjauh. "Dengan demikian kita bisa tahu kehidupan masyarakat di pelosok - pelosok Pulau - Pulau Terjauh dan Terluar secara dekat dengan menggunakan JetSky," papar Kapolda.

Rencananya besok, Kapolda akan melakukan  perjalanan lanjutan ke Maluku Barat Daya ( MBD ) bila tidak ada aral melintang dan keadaan alam bersahabat.

"Kami akan transit Tepa, lalu menuju Moa dan besoknya lagi  kami ke Wetar dan Lirang, kemudian kembali ke Moa," tutur Kapolda.

Di tempat yang sama Bupati Kepulauan Tanimbar,Petrus Fatlolon SH, MH memberikan apresiasi kepada Kapolda Maluku yang  telah  melakukan Patroli perairan  jarak jauh dan mengelilingi wilayah  kerja Polda Maluku dengan hanya  menggunakan peralatan sederhana JetSky.

"Ini butuh keberanian. Saya rasa ini Kapolda pertama di Indonesia. Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar saya ucapkan bravo untuk Bapak Kapolda Maluku," papar Bupati mengakhiri,
( Tan 1 ).
Berita Terkait
Berita Lainnya