,
10 Oktober 2019 | dibaca: 204 Kali
Kapolda Kunjungi Anggota Yang sedang Operasi Namengkawi di Nduga.
noeh21

Ambon, Skandal

Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs Royke Lumowa, MM, didampingi Komandan Satuan Brimob Kombes M. Guntur, Dirkrimsus Kombes Firman Nainggolan, Komandan detasemen (Danden) Gegana Kompol Egia,  mengunjungi personil Brimob Polda Maluku yang tengah melaksanakan tugas Operasi Namengkawi di kabupatan Nduga Papua.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Mohamad Roem Ohoirat mengatakan, kunjungan yang dilakukan kapolda itu untuk melihat secara langsung kondisi anggota yang sedang melaksanakan tugas Operasi Namengkawi dalam rangka pemberantasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di daerah tersebut, sekaligus memberi motivasi dan semangat kepada anggota.


​​​​​​

"Kemarin pak Kapolda didampingi Dansat Brimob, Danden Gegana dan Dirreskrimsus, mendatangi kabupaten Nduga, untuk mengunjungi sekaligus menyemangati personil Brimob kami (Polda Maluku) yang sementara bertugas untuk mengamankan wilayah Nduga dari kelompok kriminal, bersenjata"jelas Roem, kepada media di kantornya, Kamis (10/10).

Menurutnya, Kapolda dan rombongan berangkat dari bandara Pattimura, menuju Makassar, lalu menuju Jayapura. Mereka semalam di kota Jayapura,  setelah itu berangkat menuju Timika. Dari Timika Kapolda dan rombongan ke Distrik Kanyem Kabupaten Nduga dengan menumpangi  helikoter polisi.

Tiba di Kanyem Nduga, Kapolda kemudian memberikan motivasi dan menyemangati personil untuk tetap semangat dalam melaksanakan tugas, disamping menjaga diri dan kesehatan,"kata dia.

Dikatakan, mantan Kakor Lantas Polri  dan rombongan berada di Kanyem Nduga selama beberapa jam setelah itu kembali ke Timika.

"Sekitar dua hingga tiga jam di Distrik Kanyem Nduga setelah itu langsung mereka z ke Timika, untuk selanjutnya ke Ambon,"terangnya.

Juru bicara Polda Maluku ini menambahkan, walaupun disibukan dengan tugas, tetapi Kapolda selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi anggota yang sedang melaksanakan tugas dimanapun. Sebelumnya ketika Polda Maluku mengirim pasukan untuk pengamanan rekapitulasi hasil Pemilu di Jakarta, Kapolda sempat mengunjungi mereka. Kemudian Polda Maluku mengirim pasukan BKO ke Manokwari Papua Barat dalam rangka mengamankan demo yang berujung aksi anarkis, Kapolda Juga mengunjungi mereka, dan saat ini walaupun kondisi keamanan di Kabupaten Nduga masih belum aman betul, namun beliau tetap mengunjungi mereka sebagai wujud perhatian dan cinta kasih kepada anggota.



Diakui, personil Brimob Maluku dianggap tangguh dan berhasil oleh pimpinan Polri, sehingga selalu dilibatkan dalam berbagai operasi di Indonesia.

"Mulai dari penugasan di operasi Tinombala dalam rangka pemberantasan kelompok teroris di Poso, penugasan di Papua beberapa waktu lalu, belum lagi tuga pengamanan di Jakarta dan beberapa tugas lainnya, oleh karenanya diharapkan anggota yang saat ini juga harus berhasil. Kapolda juga memberikan bingkisan kepada para anggota," beber mantan Kapolres Maluku Tenggara.

Untuk diketahui, ada sekitar dua kompi personil brimob Polda Maluku, yang bertugas di Papua Barat dan Satu kompi di saat ini sedang melaksanakan operasi Namengkawi di Kabupaten Nduga Papua. ***
Berita Terkait
Berita Lainnya