,
01 Juli 2019 | dibaca: 215 Kali
Dandim 0401/Muba : "Belalah Rakyatmu Maka Rakyat Akan Membelamu"
noeh21

Muba Skandal

Peran serta TNI tak diragukan lagi. TNI adalah Benteng Keamanan NKRI sejak lama dan Benteng Keamanan. TNI pun bisa menjadi Guru, jadi teman sekaligus sahabat bagi rakyat NKRI.

Bahkan TNI pun, dapat menunjukan kecintaan dan kepeduliannya kepada rakyat, baik di bidang Infrastruktur, perekonomian, penanggulangan bencana alam, maupun di bidang kependidikan yang sudah lama  dilakukan.




Salah satu bentuk kecintaan dan kepedulian TNI kepada rakyat adalah Program  TMMD (Tentara Manunggal Masuk Desa), yang kini  memasuki usia Ke - 105.

Mengusung tema "Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”, TNI siap meningkatkan dan meringankan beban rakyat.

Demikian disampaikan oleh Komandan Kodim 0401/Muba Letkol Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos i Kantor Dandim Muba, Minggu, 30/6, saat membuka TMMD yang akan digelar di SP3 Bukit Sejahtera, Kecamatan Batang Hari Leko

Menurut Dandim, sesuai jati diri, prajurit TNI adalah tentara rakyat di mana seluruh prajurit TNI berasal dari rakyat dan nantinya juga akan kembali kepada rakyat yang bertindak sebagai ibu kandung TNI. Selain itu, doktrin pertahanan bangsa Indonesia adalah pertahanan semesta yang dalam aplikasi di lapangan melibatkan seluruh komponen  negara, sehingga dalam mempertahankan kedaulatan negara  bangsa Indonesia  TNI tidak hanya bergerak sendiri.

"TNI bersama - sama  rakyat dan komponen pendukung serta cadangan yang ada akan menjadi kekuatan yang sangat dahsyat. Bahkan negara adi daya pun sangat memperhitungkan hal ini, "jelas Dandim.

Dandim menambahkan, sebagai wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat tentu tidak secara serta merta dapat diwujudkan hanya pada saat situasi perang saja. Lebih dari itu semenjak lahirnya TNI pada tahun 1945 selalu bersama sama dengan rakyat membela dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Dalam mengisi kemerdekaan pun TNI telah menunjukkan kebersamaanya bersama rakyat dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan berusaha untuk senantiasa menjadi contoh dan mempelopori usaha usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. Dalam aplikasinya bila kita lihat di masyarakat saat ini dapat kita temui dalam Bhakti TNI berupa TMMD (Operasi Bhakti) maupun Karya Bhakti di Wilayah - wilayah yang dirasa sangat membutuhkan," tambahnya.

Terakhir Dandim berharap, kebersamaan prajurit TNI kepada rakyat  dan kemanunggalan TNI - rakyat yang selama ini sudah terjalin agar ditingkatkan terus. 

"Ingat  rakyat adalah ibu kandung kita. Seperti slogan yang sedang populer saat musim kemarau seperti ini " jaga alam maka alam akan menjagamu," Demikian pula dalam pergaulan sehari hari TNI dengan rakyat maka "Belalah Rakyatmu maka rakyat akan membelamu", tutur Dandim. (Dris)
Berita Terkait
Berita Lainnya