Tutup Menu

Kadis Kominfo Mura, Salman: Setiap Pembangun Dibutuhkan Peran Media

Sabtu, 02 April 2022 | Dilihat: 292 Kali
Kadis Kominfo Mura Salman Alfaresi, Kompetensi Sangat Perlu Bagi Profesi Jurnalis (foto istimewa)
    
Pelapor: Edy Suryadi
Editor  : H. Sinano Esha

MUSI RAWAS –Tabloidskandal.com ll Pembangunan suatu kawasan seperti kabupaten, pemerintah daerah tidak bisa berjalan sendiri. Selain dibutuhkan dukungan masyarakat, juga tak kalah pentingnya adalah peran serta media massa (jurnalis). Mengingat yang dibangun bukan sekedar fisik (infrastruktur), tapi juga ekonomi dan psikologis manusia di dalamnya.

Demikian dipaparkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan (Sumsel), Salman  Alfaresi. Infrastruktur, menurutnya, salah satu bentuk suatu pembangunan yang dilakukan pemerintah. Jika pembangunan fisik itu berhasil ditata dengan baik, maka roda perekonomian rakyat akan berjalan secara maksimal. Ekonomi tumbuh dengan baik, dan warga pun sejahtera.

Dikatakan Salman, menurut pakar ekonomi dunia asal Amerika Serikat,  Nicholas Gregory Mankiw, pengertian infrastruktur adalah wujud modal publik, atau public capital, yang oleh pemerintah merupakan investasi yang menguntungkan di masa mendatang.

“Bagi pemerintah daerah, pembangunan infrastruktur itu penting karena kaitannya dengan investasi, yang notabene mengembangkan perekonomian masyarakat. Namun begitu, akan menjadi sia-sia jika tak melibatkan peran media massa (jurnalis),” ujar jebolan strata dua jurusan perencanaan pembangunan tersebut ketika berbincang dengan Tabloidskandal.com, Sabtu (2/4/2022) .


Kadis Kominfo Mura Salman Alfaresi Berbincang Dengan Jurnalis Setempat (foto istimewa)


Karena itu, lanjut dia, dibutuhkan kerjasama serta sinergitas antara media massa dengan pemerintah. Tanpa adanya peran jurnalis, geliat suatu pembangunan tidak akan mungkin terkover. Begitu juga kinerja para pemangku keputusan, dapat dipastikan tak diketahui kalayak luas. Buntutnya, jika suatu pemerintahan tidak diketahui publik secara luas, maka kehidupan di dalamnya tak bermakna.

Lebih jauh Salman mengatakan, kepanjangan tangan pemerintah dalam hal kerjasama dengan insan pers adalah bidang Kehumasan di setiap kedinasan lembaga, serta Dinas Kominfo. Dari situlah setiap jurnalis mendapat informasi akurat tentang kinerja para pejabat dan pembangunan program pemerintah.
  
“Apa yang dibutuhkan jurnalis terkait pemberitaan, Dinas Kominfo harus selalu siap memberikan keterangan berikut data. Konfirmasi dan koordinasi itu penting, sesuai tupoksi Bidang Layanan Informasi Publik Dinas Kominfo,” katanya.

Di bagian lain, dia juga menyinggung perihal kemampuan dan pengetahuan setiap  jurnalis. Profesi yang satu ini, menurut Salman, dibutuhkan kompetensi (kemampuan kerja) setiap individunya, yang mencakup aspek keterampilan, pengetahuan dan sikap kerja.

“Setiap jurnalis harus menyadari, betapa pentingnya kompetensi atas profesi yang dipanggulnya. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan program Uji Kompetensi Wartawan (UKW),” ujar Salman, seraya mengingatkan sejauh ini masih banyak yang belum paham tentang urgensi peraturan Dewan Pers tersebut.

Menurut dia, Peraturan Dewan Pers No. 1 Tahun 2010, kemudian diperbarui dengan Peraturan Dewan Pers No. 4 Tahun 2017 tentang Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) ada enam tujuan di dalamnya. Pada intinya adalah meningkatan kinerja profesi wartawan.

Pertama, meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan; Kedua, menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan; Ketiga, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik; Keempat, menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi penghasil karya intelektual; Kelima, menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan; Keenam, menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers.

Berkaitan dengan UKW, ada rencana pemerintah Kabupaten Mura  melalui Dinas Kominfo akan membantu para wartawan dalam hal meningkatan kemampuan kerja melalui kegiatan UKW.  

“Ya, hal itu sudah kami canangkan sejak lama. Tapi realisasinya mesti disesuaikan dengan kondisi keuangan kami. Pokoknya, kami akan bantu rekan-rekan jurnalis di Mura untuk menyelenggarakan UKW,” janji Salman di akhir perbincangan.

 

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com