Tutup Menu

Gerak Cepat Kabid Darurat Dan Logistik BPBD Lombok Timur Tangani Banjir Labuhan Haji.

Rabu, 10 Februari 2021 | Dilihat: 428 Kali
    
NTB - tabloidskandal.com
Kepala bidang Darurat dan urusan Logistik Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim Iwan Setiawan bergerak cepat melakukan penanganan bencana banjir di Kecamatan Labuhan Haji.
 
Iwan Setiawan menyatakan banjir yang terjadi di Kecamatan Labuhan Haji yang merendam ratusan rumah warga yakni, Kampung Mandar, Kampung Sasak, Kampung Ambengan dan juga dan Sekolah SDN 4 Labuhan Haji, dusun Mt Meong, Desa Kertasari dan juga merendam areal pertanian warga, satu gorong -gorong ambles ini dikarenakan banjir kiriman dari Desa Peneda Gandor dan juga tingginya intesitas curah hujan yang besar dan terus - menerus akhir - akhir ini.
 
Hujan yang terus - menerus juga menyebabkan tanah longsor di Kecamatan Sebalun, banjir bandeng dan juga terjadi diwilayah Desa Gereneng, Kecamatan Sakra Timur, hujan ini datang secara tiba-tiba menyebabkan banyak kerugian secara matrial yang begitu banyak, ujarnya.
 
Desa Labuhan Haji ada juga pohon yang tumbang akibat hujan deras dan angin kencang, dan di Dusun Ambengan sekitar 200 KK, Dusun Mandar 114 KK, Mt Meong Desa Kertasari, dan juga di beberapa titik di Labuhan Haji.
 
Kami dari BPBD terus melakukan upaya maksimal membantu dan selalu berkoordinasi dengan Dinas terkait seperti, Dinas Lingkungan Hidup, PUPR bidang pengairan dan irigasi, Camat Labuhan Haji, Kades Labuhan Haji, dan langsung kami perintahkan tim dari BPBD untuk melakukan bantuan kepada warga, dan mengajak warga bergotong royong membersihkan parit atsu selokan agar mengangkat bebatuan, pasir, sampah, atau tumpukan sedimen yang menghambat aliran air, dan semua pihak termasuk semua warga agar selalu waspada, ujarnya saat dilokasi banjir Selasa, 9 Januari 2021.
 
Camat Labuhan haji Muhir, S.Pd juga langsung tanggap dan mengajak semua warga bergotong royong dan menghimbau warga agar selalu waspada karena sewaktu-waktu bisa terjadi pohon tumbang akibat intesitas hujan, angin kecang, dsn juga banjir bandang.
 
Pahminuddin Kades Labuhan Haji juga mengajak warganya untuk melakukan gotong-royong dan mengimbau tidak boleh membuang sampah di saluran irigasi atau drainase, karena akan menghambat laju aliran air agar tidak tersumbat dan mari kita semua bekerjasama untuk menangani dan tidsk boleh saling menyalahkan dan tidak ada yang harus di salahkan, tegasnya.
 
Iwan Setiawan juga langsung berkoordinasi dengan Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Bina Marga PUPR Provinsi NTB Suherman, ST terkait dengan pengerjaan gorong-gorong yang ambles akibat banjir karena itu menjadi ranah jalan provinsi, dan langsung memerintahkan pihak rekanan Pt.Kima Kencana untuk segera mengerjakannya, mengingat jalan ini sangat penting yang menghubungkan Labuhan Haji-Keruak-Praya Mataram dan pihak rekanan juga pada 9 Januari siap bekerja dan datangkan semua peralatannya. pungkasnya.
 
Suherman, ST PPK jalan Lombok dua Dinas Bina Marga PUPR NTB siap mengerjakan jalan Keruak-Labuhan Haji dengan pagu anggaran Rp 28 miliar dan juga gorong-gorong yang ambles akibat terjangan banjir. Pungkasnya.
 (M.Amin)

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com