,
30 Agustus 2019 | dibaca: 98 Kali
Danau Lorulung, Icon dan Destinasi Wisata Tanimbar
noeh21
Edy Batlolona (insert) dan Danau Lorulung


Saumlaki Skandal

Danau Lorulung di Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) akan menjadi destinasi sekaligus icon wisata di Bumi Duan Dolat.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif KKT Edy Batlolona, di ruang kerjanya, Kamis 29 Agustus. 

"Kami sejak awal hingga  mengusulkan ke pusat untuk membangun wisata baru di Lorulung," ujar Edy Batlolona.

Padahal sebelumnya, Edy bercerita, tempat yang saat ini jadi target pembangunan wisata, pada awalnya di kawasan itu tidak ada genangan air. Tetapi, saat pembangunan Bandara, genangan air itu makin luas.

"Melihat kondisi tersebut, sebagai dinas yang berhubungan dengan kepariwisataan dan ekonomi kreatif, akhirnya kami menemukan ide sendiri untuk mengembangkan kawasan itu sebagai pusat pariwisata baru di Tanimbar," tuturnya.

Menurut dia, genangan air di Lorulung memiliki daya tarik sendiri. Apalagi kawasan tersebut  didominasi daratan luas berupa ilalang yang tumbuh bebas, bila dikembangkan akan menjadi daerah Argo Wisata.

"Di Tanimbar ini kan kecenderungan pariwisatanya adalah wisata bahari dan sejarah. Sehingga jika pembangunan destinasi wisata Danau Lorulung ini selesai, maka akan beda tampilannya. Untuk itu kita kemas dan kembangkan," jelasnya.

Ia pun membantah jika dana pengembangan Pantai Weluan di Desa Olilit, digunakan untuk membangun Danau Lorulung. Pasalnya, pengembangan Pantai Weluan tidak bisa dilakukan karena masalah lahan belum jelas. 

"Beda dengan Lorulung, yang status tanahnya sudah jelas," tandasnya. ( Tan2 )
Berita Terkait
Berita Lainnya