,
06 Mei 2021 | dibaca: 154 Kali
Putra Ohoirenan Apresiasi Wali Kota Tual dan Bupati Malra
noeh21
Tual - tabloidskandal.com.
Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Wilayah Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) A. Buce Rahakbau (Obama) memberikan apresiasi Wali Kota Tual Adam Rahayaan dan Bupati Malra Thaher Hanubun atas kunjungannya di Kantor Kejaksaan Negeri Tual Kamis, 6/5/2021.
 
"Saya pribadi menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota dan Bupati yang mana telah membangun hubungan kerjasama yang baik dengan Kejaksaan Tual lewat kunjungan kerja hari ini." ujarnya.
 
Wartawan senior ini turut mengungkapkan rasa simpatinya atas hubungan kemitraan yang terjalin antara semua pihak khususnya Bupati dan Wali Kota dengan Kejaksaan Tual yang tengah berlangsung saat itu.
 
"Tidak mengurangi rasa hormat saya dengan pihak Kejaksaan Tual, tentunya kita sangat menyambut baik kunjungan kedua pimpinan daerah ini. Disamping itu selaku mitra dan fungsi kontrol media, tentunya kita akan terus menjalin tali silahturahmi dalam merajut kebersamaan terhadap semua pihak tanpa membeda-bedakan golongan." pinta Obama.
 
Kata Obama, Peranan Pers sebagai ujung tombak pembangunan sangat menentukan arah capaian kinerja Pemerintah Daerah dalam upaya mengangkat serta meluruskan keterpurukan sistem pemerintahan di wilayah Larvul Ngabal ini.
 
Rahakbauw turut menyinggung soal falsafah hidup orang Kei dalam bingkai "Ain Ni Ain" yang ada sebelum berkembangnya ajaran "Agama" di Kepulauan itu.
 
"It besa, it kai ain ni sus ni senang naa Yut Nuhu Roa. Do fo it liik taha vadad ain sa sa i, ot vablo fo duat nabi enhov lor hir kai fo nan batang it famehe yanad ubun naa bum dunyai Evav i,"
(Artinya : Kita semua, kita tahu betul susah senang kita di Kei. Mari kita lihat dan benahi yang salah, kita luruskan agar tuhan dan nabi dan orang lain tahu sehingga tetap terjaga sampai anak cucu di Kei ini - Red daniel)
 
Lanjut Putra berdarah Ohoirenan ini menegaskan bahwa segala keterpurukan di kedua daerah ini hendahnya dihilangkan dan dikubur sedalam-dalamnya di dasar laut karna kita adalah satu, kau dan aku satu.
 
"Haran i, wahain it liik hara mehe, ne it liik umat besa. Slom saran, it bisa hara mehe yanan ubun, ma do ta jag tom tad na evav vo bok bok vo it hol taha sak Evav meman." tandas Obama dengan bahasa daerah
(Artinya : Sekarang ini, jangan kita hanya melihat satu orang saja, tetapi kita harus melihat orang banyak. Islam dan kristen, kita sama (satu), karna satu moyang (leluhur) yang beranak cucu kita. Untuk itu mari kita jaga Budaya dan Sejarah kita di Kei dengan baik-baik dan ceritakan kembali kepada anak cucu kita untuk mengangkat nama Kei tercinta. - Red daniel)

Wartawan yang sangat disegani bahkan ditakuti banyak khalayak ini juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kejaksaan Negeri Tual yang dengan tangan terbuka telah menyambut baik kedua putra terbaik daerah ini.
 
"Mewakili seluruh insan Pers di Kei saya ucapakan terima kasih kepada pak Kejari Tual Dicky Darmawan yang dengan penuh suka cita menerima kunjungan bapak Bupati dan Wali Kota di Kantor Kejaksaan. Harapan saya semoga sinergitas ini tetap terjaga dan terpelihara dengan baik menuju Kei yang damai adil, sejahtera dan humanis." tutup Rahakbauw.
 
Berita Terkait
Berita Lainnya