,
17 April 2020 | dibaca: 310 Kali
Rakor Muspika Sandubaya VS Takmir Voting Tak Jumatan
noeh21


Mataram Skandal

Penyebaran pandemic Covid-19 secara massive sudah sangat mengkhawatirkan. Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah untuk mencegah penularan yang semakin parah. 

Membangun kesadaran masyarakat untuk mentaati peraturan Pemerintah melalui MUI untuk tidak melaksanakan sholat Jum'at menuai pro dan kontra.





Muspika Kecamatan Sandubaya menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pengurus masjid diwilayahnya di masjid Nurul Huda Bertais Pada hari Kamis 16 April 2020. 

Dalam kesempatan tersebut Camat Sandubaya L.Saharudin S.Sos., menyampaikan himbauan Walikota Mataram dan himbauan keputusan MUI RI untuk penutupan Masjid.

Dalam kesempatan yang sama Danramil 1606-01 Cakra Kqpt.  Inf. Asep Okinawa Muas juga menyampaikan pesan pesan moril serta motifasi agar masyarakat menyadari pentingnya Social Distancing maupun Physical Distancing untuk mencegah penularan lebih parah.

Pertemuan yang dihadiri Kapolsek Cakranegara, Danramil 1606-01 Cakranegara, para Lurah kecamatan Sandubaya,  Tokoh Agama Tokoh Masyarakat Majelis Ta'mir Masjid se kecamatan Sandubaya, Tim Kesehatan, 
serta Para Kaling masing-masing Lingkungan menuai perdebatan yang cukup alot. 

Untuk menghindari perselisihan keputusan untuk diambil melalui voting dengan hasil 70% tak jumatan.

Dikutip dari notulen Rapat koordinasi tersebut melahirkan 5 butir kesepakatan yakni Pelaksanaan Sholat Jum'at, sementara di tiadakan sesuai dengan maklumat MUI, KAPOLRI dan Surat Edaran Pemerintah Kota Mataram. Masyarakat dipersilahkan melakukan ibadah sholat Jum'at di rumah masing-masing dengan mengganti dengan sholat Dzuhur. Sepakat tidak akan mengadakan kegiatan berkumpul dengan banyak massa. Kepolisian dan TNI akan melakukan pemantauan di setiap masjid guna menindaklanjuti Kesefakatan yang sudah di musyawarah kan bersama. Para tokoh agama dan masyarakat serta para Kaling akan memberikan himbauan kepada masyarakat sesuai maklumat yang telah di edarkan.

Danramil 1606-01 Cakra Kqpt. Inf. Asep Okinawa M, mengatakan bahwa Koramil 01 Cakra bersama Polsek Cakra siap mengawal kebijakqn tersebut.
"Kamis akan amankan kebijakqn pemerintah dan keputusan Rapat ini bekerjasama dengan Polsek Cakra", tegasnya. (N3G)
Berita Terkait
Berita Lainnya