,
05 Maret 2019 | dibaca: 75 Kali
Program Bansos dan Dak Dinas Pertanian Lotim Action Maret  ini  2019.
noeh21
Kabid Perlintan Dinas Pertanian Lotim, Lalu Fathul Kasturi, SP

Skandal NTB : 

Program Bansos dan Dana Alokasi Khusus (DAK) pada Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur dan beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan bidang Perlintan, akan mulai dikerjakan  bulan Maret ini.

Demikian diungkapkan oleh Dinas Pertanian melalui Kepala Bidang Perlintan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur Lalu Fathul Kasturi,SP, Senin 4 Maret 2019 saat di konfirmasi Skandal di ruang kerjanya.

Menurutnya, program kegiatan di bidang Perlintan lebih dominan ke bantuan sosial (Bansos) yaitu dalam pembanguan infrastruktur irigasi yang bersumber dari dana DBCHT sebesar Rp.5,9 miliar,  bersumber dari dana DAK Rp.5,8 miliar untuk pembangunan Embung rakyat,  jalan usaha tani,  perbaikan gedung fisik kantor. 

"Maret ini semua program  sudah action," tandasnya.

Ia juga menyatakan peninjauan di lokasi kegiatan yang ada di kelompok tani tinggal ditetapkan dan di perkirakan  pertengahan Maret ini dana harus masuk di kelompok tani, sehingga mereka yang mendapatkan kegiatan program ini langsung bekerja sesuai dengan Juklas Juknisnya atau mekanisme kerja yang ada.

Terkait dengan Dana Alokasi Khusus (DAK), ada kesepakatan dengan kelompok tani penerima program, setelah itu baru di buat Surat Perintah Kerja atau SPK sesuai dengan hari dan tanggal yang ada di kalender.

"Yang perlu di perhatikan dalam program DAK ini, ada dikerjakan dengan sistem swakelola dan partisipasi masyarakat dengan sistem padat karya untuk membangkitkan semangat gotong royong. Artinya ada perubahan sistem pada pelaksaannya sejak tahun 2018 hingga 2019 , " pungkasnya.(007 M.Aminudin).
Berita Terkait
Berita Lainnya