,
19 September 2020 | dibaca: 108 Kali
Kunjungan Tim Monitoring Dan Evaluasi Kalsel Ke Hulu Sungai Utara ( HSU )
noeh21


Amuntai Skandal.

Tim Monitoring dan Evaluasi Provinsi Kalimantan Selatan berkunjung ke Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) guna melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) serta pertemuan bersama para pengurus masjid se Kabupaten HSU, terkait penerapan protokol kesehatan di rumah ibadah.

Kedatangan Tim Monitoring Provinsi Kalsel yang terdiri dari Gugus Tugas Provinsi Kalsel, Dinkes, Bidang Fatwa
MUI Kalsel dan Kakanwil Kemenag Kalsel ini, disambut baik oleh Kepala Kantor Kemenag HSU H Yusran, Kepala BPBD HSU Sugeng Riyadi, Kabag Kesra HSU, MUI HSU dan para Pengurus Mesjid se Kabupaten HSU, Jumat (18/09/2020) di Aula KanKemenag Kabupaten HSU.

Kepala Kemenag HSU, H.Yusran dalam sambutannya mengaku bersyukur dan menyambut baik kegiatan ini dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

Yusran menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan aturan protokol kesehatan ditempat ibadah di wilayah kabupaten HSU selama ini telah menerapkan aturan wajib masker, jaga jarak, dan menyediakan tempat cuci tangan.

"Dari total 121 buah masjid dan total 651 buah langgar (Surau) yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten HSU, kita harapkan seluruh masyarakat sudah mengetahui dampak covid 19, tidak hanya saat beribadah saja menggunakan masker tetapi juga segala aktivitas lainnya dulu rumah sesuai dengan adanya Perbup." Imbuh Yusran

Seiring dengan itu Kabag Kesra Pemkab HSU H Hermani Johan juga menyampaikan bahwa dalam hal penerapan disiplin protokol kesehatan ini sesuai dengan terbitnya Perda Bupati HSU tentang wajib menggunakan masker diwilayah Kabupaten HSU ketika beraktivitas di luar rumah.

Sementara itu, Pimpinan tim Monev PROV kalsel Mustajab mengatakan kunjungan Monev ini dalam rangka melihat gambaran real ditengah masyarakat terkait pelaksanaan keagamaan di rumah ibadah khususnya di Kabupaten HSU.

" Yang lebih penting lagi dari kegiatan ini diharapkan dapat menerima masukan, saran dan aspirasi dari masyarakat khususnya pengelolaan rumah ibadah, kendala apa yang ditemukan terkait penerapan protokol kesehatan di rumah ibadah." Imbuhnya.

Ia juga mengharapkan pelaksaanan disiplin protokol kesehatan ini juga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, meliputi 5M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Melaksanakan hidup bersih dan sehat.

Selain melaksanakan monitoring dan evaluasi dalam kesempatan ini, tim dari provinsi juga menyerahkan bantuan ribuan masker untuk rumah ibadah yang ada di wilayah kabupaten HSU.(Diskominfo HSU ) wahyu)
Berita Terkait
Berita Lainnya