,
19 Agustus 2019 | dibaca: 445 Kali
Kapolda Dan Gubernur NTB Pimpin Satgas KARHUTLA  Padamkan  Kebakaran  Lahan di  Lombok Utara.
noeh21

Skandal NTB

Pada hari Minggu 18 Agustus 2019 sekitar pukul 15.00 di Dusun Nipah , Desa Malaka, Kecamatan Pemenang , Lombok Utara telah terjadi Kebakaran Lahan yang berhasil di padamkan oleh Satgas Karhutla  Polda NTB sekitar pukul 01. 00 WITA.





Lokasi kebakaran merupakan Lahan Semak Belukarterjadi  di Dusun Nipah tidak jauh dengan lokasi kebakaran pada hari Kamis lalu di mana kondisi masih musim kemarau, angin yang kencang dan terjadi banyak pohon yang kering pada lokasi tersebut.

Asap pertama kali di lihat oleh saudara Muhsin pada pukul 11. 00 WITA. Namun api membesar dan merambat yang dilihat oleh masyarakat pada pukul 15.00 WITA berada di Dusun Nipah , Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara .

Namun pada pukul 16.00 WIRA dapat di padamkan oleh 6 personel Polsek Pemenang , 8 orang Petugas dari Damkar, serta di bantu oleh masyarakat sekitar dengan menggunakan alat seadanya sehingga api dapat di padamkan.

Pada pukul 17.00 WITA api muncul kembali di titik yang berbeda bwrdekatan dengan lokasi yang pertama dan merambat sampai kelahan Dsn Pandanan .

Pemadam api dipimpin langsung oleh Kapolres Lombok Utara AKBP Herman Suriyono, S.IK .M H Beserta PJU Polres Lombok Utara dan Personel Polsek Pemenang Polres Lombok Urara, dan 8 orang dari Petugas Damkar serta di banru oleh masayarakat sekirar dengan menggunakan alat seadanya sehingga api dapat di adamkan.

Pulul 21.00 telah tiba di lokasi kebakaran Kapolda NTB,  Irwasda Polda NTB., Dir Intelkam Polda NTB. Dirreskrimum Plda NTB. .DirReskrimsus Polda NTB., Dansat Brimob Polda NTB., Kabid DokkesPolda NTB. Kabid Humas Polda NTB., Kspolres Lobar, Bupati KLU dan Sekda KLU

Selanjutnya Gubernur NTB DR Zulkiflymansyah juga tiba di lokasi .Api dapat di padamkan sekitar pukul 01.00 WITA dinihari oleh SATGAS KARHUTLA Gabungan Kabupaten Lombok Urara yang terdiri dari Pleton Polres Lombok Utara. .1 Regu BPBD KLU, 1 Regu PMI KLU, 1Regu Damkar  KLU, 1 Regu Koramil Tanjung  dan di bantu Satgas Karhutla NTB terdiri dari 2 pleton Dit Sabhara Polda NTB, 1 Kompi Sat Brimob Polda NTB., 1 Kompi Brimob KLU 1 Pleton Sat Sabhara Polres Lobar, 1 pleton Yonzipur 10/ 2 Kostrad, 1 Rwgu BPBD Provinsi NTB., 1 Regu KPH Rinjani Barat, 1 Regu Tagana provinsi NTB dam melibatkan peralatan sbb; 5 Unit Water Canon, 4 Unit Truk Tangki air Polres Mataram, 4 Ubit Truk Tangki Dinas PU KLU, 4 Unir Yruk Tangki Air Polres Lombok Utara,  1 Unit Truk Tangki Polda NTB .1 Unit Truk Tangki PMI provinsi NTB dan 1 unit Damkar KLU




Satgas Karhutla NTB saat ini masih Stanbay untuk mengantisifasi munculnya titik api kembali, karena kondidi angin cukup kencang.

Diimbau bagi semua masyarakat pengguna jalan raya sekitar area agar tidak membuang puntung rokok sembarangan , Humas Polda NTB Purnama, S.I K.( M.Amien).
Berita Terkait
Berita Lainnya