,
23 Juni 2020 | dibaca: 323 Kali
11 Masyarakat KKT  terinfeksi Rabies Daging Kerbau
noeh21


Saumlaki, Skandal

Masyarakat Desa Alusi Tamrian Kecamatan Kormomolin Kabupaten Kepulauan Tanimbar  Propinsi Maluku  terpapar terinfeksi rabies daging kerbau. 

Dari 11 yang terpapar, satu  meninggal dunia, sementara lima (5) orang harus dirawat di Puskesmas, dan enam (6) lain harus di larikan ke Rumah Sakit Magretti Saumlaki Sabtu 20/06/2020.  

Direktur Rumah Sakit Magretti dr. Fully Naunyari saat di hubungi media ini mengakui 11 orang masyarakat dari Desa Alusi Batjas kecamatan Kormomolin itu, sementara ditangani oleh medis baik di Puskemas maupun di  Rumah sakit Magretti.

Menurut Fully saat sebelas (11) orang yang terpapar  terkena Rabies itu, karena mereka makan daging kerbau namun pasien seminggu baru merasa "(reaktif rabies)" sehingga lima harus dirawat di puskemas Kecamatan Kormomolin sedangkan  enam lainya terpaksa harus dilarikan ke Rumah sakit Magretti.

Enam pasien yang dilarikan ke rumah sakit Magretti itu,mungkin kondisi pasiennya berat maka  harus dirujuk  dari
Puskesmas ke Magretti 20/06 sehingga pihak RS lansung melakukan tindakan dan penanganan medis, akhirnya satu tadak dapat diselamatkan sehingga meninggal dunia di RS minggu,21/06/.

Sementara lima lainnya dalam penanganan oleh para medis. "Kita berharap kondisi pasien lainnya bisa segara membaik."pintanya.

Ada dugaan kerbau yang dimakan itu adalah dagingnya sudah rabies, setelah mendengar keterangan dari salah satu keluarga korban yang tidak mau disebutkan namanya. Kerbau tersebut ketika ditemukan oleh sala satu warga desa Alusi telah mati sehingga  langsung menyampaikan ke warga sekitarnya agar bersama-sama bisa mengambil daging kerbau tersebut untuk dimakan. 

Daging tersebut dipotong  oleh  korban yang meninggal dan 10 lainnya yang di rawat di Puskesmas dan RS, sehingga kalau saja dr sampaikan terinfeksi rabies, karena para pasian  saat itu langsung turun tangan dan bersentuan  dengan bakai kerbau makanya mereka lansung terkena. (***)
Berita Terkait
Berita Lainnya