,
18 Januari 2019 | dibaca: 730 Kali
Warga Desa Kecamatan Puncakwangi Terima Sertifikat PTSL
noeh21

Pati, Skandal

Meskipun cuaca mendung, tidak menyurutkan warga desa Kecamatan Puncakwangi mrndatangi Balai Desa Puncakwangi, Kecamatan Puncakwangi, Kabupaten Pati untuk menerima sertifikat tanah dari Program Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL), siang kemarin, 17/1.




Sertifikat gratis itu diberikan oleh Bupati Pati, H. Haryanto kepada para warga desa di Kecamatan Pencakwangi yang meliputi Desa Puncakwangi, Kletek, Mojoagung, Karangwotan dan Sitimulyo.

Dalam sambutanya Bupati Pati H. Haryanto menyampaikan PTSL  memudahkan masyarakat untuk memiliki bukti hak kepemilikan tanah, berupa sertifikat dengan biaya murah.

"Kalau gratis jelas tidak ada . Karna dalam proses untuk pengajuan permohonan di kenakan biaya untuk beli patok, meterai  dan lain lain  dengan biaya yang sangat murah dan mudah. Jadi  jangan ada ribut saling lapor melapor terkait biaya, karena semua itu jelas dan ada aturannya serta legal," tutur Bupati.

Sebelumnya Bupati juga sudah menyerahkan sertifikat program PTSL di Desa Payak, Kecamatan Cluwak sebanyak kurang lebih 1700-an sertifikat. Sedangkan  di Kecamatan Pucakwangi yang meliputi dari 5 desa sebanyak 1130 sertifikat. 




Bupati mengajak masyarakat untuk bersyukur, karena bisa mendapatkan sertifikat dengan biaya murah dibandingkan mengurus sendiri atau reguler yang biayanya jauh lebih mahal.

“Untuk tahun ini berbeda dengan  tahun kemarin yang mana kemarin dapat dibagi-bagi, kalau yang sekarang harus sistematis dan lengkap. Artinya satu desa harus penuh atau tuntas untuk penyertifikatan melalui program ptsl ”, jelasnya.

Bupati pun menghimbau agar warga jangan sampai terpancing isu-isu yang menyesatkan terkait biaya, yang akhirnya membuat ribut dan jadi persoalan yang tidak baik.

“Semua itu memang membutuhkan biaya, tapi yang jelas semuanya riil dan dapat dipertanggungjawabkan, jadi tidak mengada-ada," tegas Bupati.

Karena itu, Bupati Pati Haryanto mengajak masyarakat untuk menyengkuyung program ini bersama-sama. 

“Kita dukung program-program seperti ini, jangan hanya disoroti yang negatif saja. Di lihat juga segi positifnya yang sangat membantu warga, pinta Bupati.

Dia. berharap manfaatkan sertifikat dengan baik. Bila diagunkan, jangan untuk kredit motor atau mobil yang hanya akan menambahkan beban saja. "Tspi manfaatkan untuk memulai usaha atau menambah modal usaha," tuturnya.( Jojo)
Berita Terkait
Berita Lainnya