,
17 Mei 2021 | dibaca: 77 Kali
KPPN Tual Tingkatkan Kapasitas Pelayanan Semester I Tahun 2021
noeh21
Tual, Tabloidskandal.com
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tual hari ini meningkatkan kapasitas pelayanannya sebagai satu Keluarga dan satu Saudara sebagaimana falsafah hidup daerah setempat yang dikenal dengan sebutan "Ain ni Ain." Senin, 17/5/2021.

Karna melayani dengan setulus hati, kegiatan yang diselenggarakan KPPN Tual kali ini dengan mengusung tema utama Capacity Building pada Semester I Tahun 2021 ini. Tak salah kalau tema ini yang menjadi pilihan utama KPPN Tual dalam memaknai pengabdiannya selama 30 tahun lebih untuk masyarakat dan para stakeholders di wilayah Kepulauan Kei dan Aru.

Kepala KPPN Tual Eko Erifiyanto dalam suatu kesempatan mengatakan, terminologi dari "Ain ni Ain", berarti "Saling Memiliki Satu Sama Lain", dan merupakan falsafah luhur masyarakat Kei yang menganggap bahwa orang lain yang hidup di wilayah Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara termasuk para pendatang, wajib diperlakukan layaknya Saudara/Keluarga sendiri yang harus dihormati dan tunjung tinggi hak-haknya.

Keberadaan KPPN Tual di tengah-tengah masyarakat Kei dalam rangka menyalurkan Dana APBN, termasuk Dana TKD dan DD, sedikit banyak diwarnai oleh kultur setempat yang mau tidak mau berdampak terhadap keberhasilan KPPN Tual dalam menjalankan fungsinya selaku KBUN.

"Kegiatan Capacity Building paska Momen Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hidjria tahun 2021 ini sangat tepat dilaksanakan dalam rangka merajut kembali kekompakan antar pegawai KPPN Tual sekaligus merefresh hati, pikiran, dan mental sebelum menghadapi tantangan pekerjaan yang selalu bergerak dinamis." sebutnya.

Kata Eko, kegiatan ini dilakukan dalam dua sesi yaitu kegiatan outdoor dan indoor dimana Pulau Bair dan Pulau Adranan sebagai lokasi outdoor untuk melatih kekompakan melalui berbagai mini games yang telah dirancang panitia.

"Sedangkan pada sore dan malam hari diadakan Talkshow Budaya Kei serta Internalisasi Kepatuhan Internal, Resertifikasi ISO 9001:2015, dan Upaya Pencapaian Sertifikasi WBBM 2021. Dan diakhiri dengan foto bersama sekaligus penyerahan hadiah mini fun games kepada para pemenang lomba." jelasnya.

Untuk mengenal lebih dalam apa itu Budaya Kei, KPPN Tual mengundang Narasumber dari Dinas Pariswisata dan Budaya Kabupaten Maluku  Tenggara Budhi Toffi, M. Par, yang memaparkan secara detail Hukum Larvul Ngabal yang menjadi pijakan hidup masyarakat Kei.

Secara historis, Hukum Larvul Ngabul yang terdiri dari 7 Sila Utama telah lama lahir jauh sebelum konsep Pancasila digaungkan.

Semoga kegiatan Capacity Building Semester I Tahun 2021 ini, semakin meneguhkan hati dan langkah nyata pegawai KPPN Tual untuk bahu membahu dengan masyarakat, Pemerintah Daerah serta mitra kerja KPPN Tual dalam mengawal APBN di bumi Larvul Ngabal tercinta ini." Pesan Eko.
T_M_D
Berita Terkait
Berita Lainnya