,
03 Juni 2020 | dibaca: 70 Kali
Jaga Kerukunan dan Persatuan Lintas Etnis Kubu Raya Gelar Silahturahmi
noeh21

Kubu Raya, Skandal

Kapolres Kubu Raya, AKBP Yani Permana, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, SH, Forkopimda lakukan silahturahmi dengan Tokoh Masyarakat Lintas Etnis dan Tokoh Lintas Agama Kubu Raya di Aula Mapolres Kubu Raya, Jl Arteri Supadio Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, Rabu 03.06.2020.

Silahturahmi dihadiri Organisasi Lintas nis yang tergabung dalam Forum Budaya Merah Putih Kubu Raya, Arzuani, Majelis Adat Budaya Melayu (MABM), Suharto, SE Paguyuban Jawa Kabupaten Kubu Raya (PJKB-KR), Umar Bani Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM), Lasem, S.Pd, Dewan Adat Dayak (DAD), Tau Hong Lembaga Budaya Tionghoa (LEMBUT), Nur Masyita, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), Karolina Hutagalung, M.Th, Kerukunan Keluarga Batak (KERABAT) dan Syafarudin Persatuan Orang Melayu (POM) Kubu Raya.



Tampak Hadir juga Kajari Mempawah, Antoni Setiawan, SH, MH, Ketua DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah, S.Ipem, Kepala Kemenag Kubu Raya, H Nahruji M, Kadis Perhubungan Kubu Raya, Drs Odang Prasetyo, Dinas Kesehatan, Mahyudin, Kakankesbangpol, Lecdiyanto dan Kasatpol PP Kubu Raya, Drs Ardiansyah.

Hadir Juga Ulama Kharismatik Kubu Raya, Habib Toha Aljufri, Ketu MUI Kubu Raya, KH Zamroni Hasan, S.Ag, Ketua PCNU Kubu Raya, KH Abdussalam, S.Ag, M.Si, Ketua Muhamadiyah yang juga Ketua FKUB Kubu Raya, Untung Suprapta, SH, Tokoh Agama, Romo Laurensius Prasetyo,CDD dan Habib Muhammad Aljufri.

Dalam Sambutanya Kapolres Kubu Raya, AKBP Yani Permana mengapresiasi komitmen tokoh agama dan Tokoh Masyarakat Lintas Etnis dalam upaya merawat serta menjaga silahturahmi serta menjaga Pesatuan dan kesatuan lintas etnis dan agama di Kabupaten Kubu Raya.

“Sejak Polres Kubu Raya berada di Kabupaten Kubu Raya saya merasakan peran serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Lintas Etnis sangat membantu kami, tentu saya sebagai Kapolres tidak henti-hentinya memohon kerja sama serta arahan dan batuan dari Tokoh Masyarakat agar kita bisa wujudkan Kabupaten Kubu Raya menanjak dan bersinar,” ungkap AKBP Yani Permana.

Kapolres berharap sinergisitas Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Lintas Etnis terus terjalin dan ikut terus menjaga keharmonisan dan tidak mudah digoyahkan dengan Upaya memecah belah dari pihak luar yang tidak bertanggung jawab.

Hal senada disampaikan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, SH dalam sambutanya Muda memberikan Apresiasi kepada Upaya Ketua-ketua Organisasi adat budaya yang ada di Kabupaten Kubu Raya dalam Upaya merawat serta menjaga Keharmonisan Lintas Etnis di Kabupaten Kubu Raya.

“Kabupaten Kubu Raya ini adalah salah satu daerah yang dijadikan tempat Penelitian Keharmonisan Lintas Etnis yang dilakukan dari beberapa Lembaga Penelitian, Salah satunya adalah di Kecamatan Sungai Ambawang, Masyarakatnya hidup berdampingan dan selalu me3njaga keharmonisanya,” ungkap Muda.

Oleh karenanya Bupati Kubu Raya ini berharap keharmonisan ini mesti dijaga dan dirawat terus oleh semua Masyarakat yang ditularkan melalui Organisasi Adat yang ada di Kubu Raya.

“Saya rasa semua Etnis yang ada di Kubu Raya semua memaklumi serta memahami ini sejak dulu sehingga dengan kegiatan silahturahmi seperti yang dilakukan ini bisa menjadi ajang merajut kebersamaan serta merawat persatuan serta kesatuan antar Umat Beragama, Suku dan antar Golongan,” pungkasnya.

Acara silahturahmi diakhiri dengan Deklarasi bersama Organisasi Lintas Etnis dalam upaya Komitmen Pecepatan Pananganan Covid-19, menjaga Persatuan dan kesatuan serta ikut serta dalam menjaga dan merawat Kamtibmas.(RH)
Berita Terkait
Berita Lainnya