,
02 Mei 2021 | dibaca: 83 Kali
HUT KE-69 JADI MOMENTUM LANJUTKAN PEMBANGUNAN VISI MISI HSU MANTAP
noeh21
AMUNTAI - tabloidskandal.com 
Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ke-69 menjadi momentum bersama untuk mengisi dan melanjutkan pembangunan secara bergotong royong dalam mewujudkan visi misi pembanguan yaitu HSU MANTAP Maju, Mandiri, Sejahtera, Agamis dan Produktif.

Hal ini diungkapkan Bupati HSU H. Abdul Wahid HK saat menyampaikan sambutan pada peringatan HUT HSU, di Mess Nagara Dipa, Sabtu (1/5/2021).

Menurutnya, dimasa pandemi Covid-19 merupakan tahun-tahun yang sulit bagi Pemerintah Daerah dalam melaksanakan program pembangunan, yang mengharuskan setiap daerah, termasuk Kabupaten HSU agar melakukan relokasi atau refocusing APBD sebagai bentuk dukungan terhadap penanganan pendemi Covid-19.

"Diperlukannya kerja keras, pikiran, daya dan upaya yang maksimal, serta menjalin kerjasama dan sinergitas dengan berbagai pihak dalam rangka  mencegah dan melindungi warga agar tidak terpapar Covid-19." ucap Wahid.

Berbagai langkah strategis telah dilakukan Kabupaten HSU seperti, melakukan sosialisasi tentang bahaya pandemi Covid-19, membuat perda tentang pedoman protokol kesehatan, melakukan operasi disiplin protokol kesehatan dan mengadakan sarana dan prasarana terkait penanganan Covid-19 di HSU.

Lebih lanjut, meski dalam situasi pandemi Covid-19 Pemerintah Daerah tetap melaksanakan program-program pembanguan secara maksimal sebagaiman yang tertuang pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2017 - 2022.

Disamping itu Pj Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Safrizal ZA mengatakan, saat ini tantangan terbesar kita dimasa pandemi Covid-19 adalah kesehatan dan ekonomi, maka dari diperlukannya kerjasama dari berbagai kalangan dalam memulihkan kesehatan dan menggerakkan ekonomi.

"Dengan kesehatan yang baik, kita akan bekerja dengan baik dalam rangka membangkitkan ekonomi, dengan ekonomi yang baik kita pandai dalam memilki kapasitas mengurus kesehatan." kata Pj Gubernur Kalsel.

Mencermati berbagai potensi yang ada di HSU mulai dari perkebunan, pertanian, peternakan hingga perikanan termasuk potensi UMKM yang cukup beragam, maka diperlukannya persiapan diri memperkuat kapasitas, melakukan intensifikasi usaha pertanian dan melakukan ekstensifikasi pertanian menjadi penopang pangan ibu kota negara. Hal itu bisa dilakukan dengan berkerjasama dengan semua pihak pemangku kepentingan di daerah.

"Jika bisa dioptimalkan Kabupaten Hulu Sungai Utara akan menjadi daerah strategis dengan berpindahnya ibu kota negara di Kalimantan Timur, selaku daerah yang sangat dekat dengan daerah ibu kota baru." tutur Safrizal

Selain itu ia juga mengucapkan, atas nama jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengucapkan selamat hari jadi yang ke-69. Bagi sebuah daerah umur 69 adalah umur yang sedang semangat-semangatnya membuat kreasi yang terbaik bagi kesejahteraan masyarakatnya.

"Semoga pada peringatam hari jadi kali ini, ditengah- tengah keprihatinan yang mendalam (pandemi Covid-19) seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat HSU semakin kompak, bersatu dan berkerjasama dalam membangun HSU MANTAP." harapnya.

Kegiatan HUT HSU ke-69 diselelanggarakan secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat, dengan hadiri Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Wakil Bupati HSU, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah dan Ketua TP PKK HSU.
(Diskominfo HSU) - ricky/Ikhsan/crew)
Berita Terkait
Berita Lainnya