,
13 Februari 2020 | dibaca: 39 Kali
Bupati  Buka Musrembang Kecamatan Pulau Pulau Aru
noeh21

Dobo Skandal,

Musyawarah pembangunan Kecamatan Pulau Pulau Aru yang berlangsung pada 13/02-2020  di Aula gedung Sitekena Dobo Jalan Raya Pemda Kelurahan Siwalima Kecamatan Pp Aru Kabupaten kepulauan Aru, Provinsi Maluku.

Turut Hadir dalam kegiatan Pembukaan Musrembang;Bupati Kepulauan Aru dr. Johan Gonga.Wakil Bupati Kepulauan Aru bpk. Muin Sogalrey, SE.Ketua DPRD Kab. Kep. Aru  Udin Belsigaway (Fraksi Partai Nasdem).Kadis Koperasi dan UKM Kab. kep. Aru bpk. Manuel Siarukin, S.Sos.Plt. Kadis PU dan Perumahan Rakyat Kab. Kep. Aru bpk. Ricky Putnarubun, S.I.Pem.Camat Pulau - pulau Aru bpk. Robertus Ngebursian, S.Sos.Danramil 1503-04/Jerol Kapten Inf Dody Masaoy.Wakapolsek Pulau - pulau Aru Iptu L. Siwabessy, S.Sos. Kepala Kantor Urusan Agama Kec. Pulau-pulau Aru Moh. Jefri Kamarmir, SE,.M.Si.Ketua Panitia Pelaksana  Sedli Solissa, S.IP  (Kepala Seksi Pembangunan Kec. Pulau² Aru).Lurah Siwalima bpk. M. Ganobal, S.SosLurah Galaydubu Ibu. R. O. Takarbobir, S.Ap. Para Kepala Desa Jajaran Kecamatan Pulau² Aru.Para Ketua RW dan Ketua RT sekecamatan Pulau Aru. Para Staf dan Perangkat Desa sekecamatan Pulau² Aru.Para Undangan Lainnya.





Bupati Kabupaten Kepulauan Aru Dr.Johan Gonga dalam sambutannya mengatakan,  MUSRENBANG ini, diselenggarakan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004, tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 M Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008, dimana Musrembang merupakan suatu instrumen penting untuk menghasilkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kepulauan Aru Tahun 2020, yang tidak lepas dari dokumen. 

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan RKPD Provinsi dan RKP Nasional.Pelaksanaan MUSRENBANG di tingkat Kecamatan, ini bertujuan mendapatkan masukan untuk menyusun RKPD Kabupaten, sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan kecamatan yang memerlukan dukungan pendanaan baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN.

 Selain itu, diharapkan pelaksanaan MUSRENBANG ini menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders kecamatan untuk menetapkan program dan kegiatan kecamatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program/kegiatan tahun anggaran berikutnya. 

"Harapan kami untuk tahun 2021, program prioritas pembangunan pada upaya pencapaian, visi Kabupaten Kepulauan Aru yaitu ”Meningkatnya Kesejahteraan Masyarakat dan Pelayanan Publik, dengan fokus pada urusan-urusan sebagai berikut Pembangunan Agama, Pelayanan Pendidikan, Pelayanan Kesehatan,
Perhubungan, Infrastruktur dan Pemukiman, Perikanan dan Kelauatan, Pertanian, Pertamanan dan Peternakan; Industri, Peradagangan dan Koperasi, Pariwisata dan Budaya, Sosial, Hukum dan HAM, Pemberdayaan perempuan dan Anak.

Khusus Mahasiswa Kedokteran dari tahun 2016 sampai tahun ini sudah berjumlah 54 orang dan semuanya dibiayai oleh pemerintah daerah. Diharapkan akan mencapai 100 orang di tahun - tahun mendatang sehingga para orang tua agar mendorong anaknya untuk lebih giat lagi belajar agar kemampuan tersebut akan diaplikasikan saat seleksi masuk kedokteran.

"Harapan kami agar para RT juga mendata kembali masyarakatnya lebih khusus yang belum memiliki kartu BPJS agar di data dan di masukan sehingga  Pemerintah daerah akan membuatkan untuk dibagikan kepada masyarakat yang berhak memilikinya," tutur Bupati.

Program pembangunan ini, diharapkan dapat menjawab permasalahan mendasar dan faktual serta iklim yang kondusif dan dinamis sehingga dapat menjamin keberlanjutan proses pembangunan untuk tahun - tahun mendatang. Selain itu diharapkan pembangunan tahun 2021 dapat memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat dengan mempertimbangkan kondisi dan potensi masing - masing wilayah.

Upaya - upaya tersebut sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, utamanya pula komitmen bersama antara masyarakat, pemerintah, legislatif dan pemangku pembangunan lainnya. 

"Melalui Musrenbang ini, saya harapkan 
berbagai program dan kegiatan yang diusulkan tahun 2020, dapat didiskusikan serta dikritisi secara konstruktif dan komprehensif, sehingga dapat menghasilkan dokumen perencanaan rasional dan realistis sesuai dengan kemampuan pendanaan yang ada, untuk itu segenap peserta dapat berperan aktif memberikan saran dan masukannya," tambahnya.

Semoga Musrembag ini dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Aparatur Pemerintahan Desa, di segala bidang pembangunan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Aru.

"Sambil  memohon rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa,  acara Musyawarah Pembangunan Tahun 2020” yang dilaksanakan di saat ini diharapkan nyatakan dibuka dengan resmi," ujarnya, ditandai dengan pemukulan gong /Jus
Berita Terkait
Berita Lainnya