,
22 Juli 2021 | dibaca: 29 Kali
Adu Skill Bertanding, Fans Spain Adakan Program Sparing Futsal Antar National Fans
noeh21
Maluku Tenggara - Perjalanan liga Sepak Bola Piala COPPA America tahun 2021 dan Piala EURO tahun 2020 kini telah berahir. Namun, tidak memadamkan semangat para Fans di Kepulauan Kei untuk berlatih skill, bakat dan kemampuan dan permainan sepak bola.
 
Para Fans kemudian menggelar sebuah program hiburan semata yang diberi nama Sparing Futsal antar Nasional Fans di wilayah Rahim Olahraga tersebut.
 
Sparing Futsal sendiri, diusulkan oleh salah satu Fans Spain asal Maluku Tenggara yang sangat mencintai olahraga sepak bola. Tombak Sutrisno Fatubun yang akrab disapa Sutrisno adalah orang pertama yang mengusulkan program hiburan ini sebagai untuk berlatih meningkatkan imunitas tubuh ditengah ancaman wabah Covid-19 saat ini.
 
"Sparing ini sengaja kotong buat untuk menjaga silaturahmi karena virus delta (varian baru dari Covid-19) telah masuk ke wilayah ini dan sangat berpeluang bagi generasi muda untuk terpapar maka katong dari Fans Spain adakan program Sparing Futsal Antar National Fans yang bertujuan agar tetap memelihara katong pung kesehatan," tutur Trisno saat dihubungi awak media ini di Langgur Selasa,(20/7/2021).
 
Trisno menyebut, sparing yang telah menjadi agenda rutin itu sudah pernah bertanding antara La Furia Roja (Spain) melawan Fans Brasil daerah setempat. Direncanakan dalam waktu dekat akan bertanding (Sparing) Fans Brasil melawan Fans Portugal dengan semua National Fans yang ada di Kepulauan Kei.
 
Ia mengaku, sparing tersebut hanya sebagai iseng atas liga permainan sepak bola Piala COPA America dan Piala EURO yang baru saja berakhir di musin ini.
 
"Ini sparing biasa saja untuk membangun relasi yang baik antar Fans. Mengingat beberapa waktu lalu ada kekacauan antar Fans itu, jadi katong dari La Furia Roja buat Program Silaturahmi Antar Fans dengan kegiatan Sparing Futsal." terang Fatubun menjelaskan.
 
Sparing dalam hal ini, lanjut dia adalah bertanding. Bertanding yang dimaksudkan yakni tanpa memperebutkan Piala atau juara.
 
"Dari bertanding kita bisa duduk berdiskusi Antar National Fans, dari sini kita bisa saling kenal, karna menurut kami yang Fans Spanyol saling kenal adalah sumber dari kedamaian." ujar Trisno.
 
Kata Fatubun, terkait dengan kalah dan menang itu bukan sebuah persoalan, karna dalam Sparing itu tidak memandang soal kemenangan/kekalahan, tapi yang dilihat adalah kebersamaan dalam menjaga sportifitas, semangat dalam mendukung Timnas serta pentingnya menjaga silaturahmi yang dimaksud.
 
"Sejauh ini saya melihat bahwa Sparing Futsal Antar National Fans ini juga sangat bermanfaat dimana ada begitu banyak anak muda yang ingin berkecimpun dalam Futsal. Nanum tidak memiliki tim, dan ini adalah langkah awal untuk menjadi Lapak dimana skil dan bakat-bakat terbaik ini bisa dipandang memiliki nilai jual di Tanah kei." papar Trisno.
 
Untuk National Fans lain, sambungnya (Fans Spanyol) sangat membuka ruang dan menunggu tawaran untuk membangun relasi dan mengembangkan minat bakat dari teman-teman sekalian. "Jika butuh tantangan, maka dengan ini kami siap menantang dan mengundang!" tandasnya.
Daniel Mituduan
Berita Terkait
Berita Lainnya