Tutup Menu

Stungta X Pindad Diserahkan Kepada PT TEP Indonesia Untuk Digunakan Di Danau Toba

Senin, 22 Februari 2021 | Dilihat: 276 Kali
    
Bandung – tabloidskandal.com
Direktur Bisnis Produk Industrial PT Pindad (Persero), Suharyono, didampingi GM Peralatan Industri dan Jasa, Agus Herman melakukan serah terima secara simbolik dan pelepasan Stungta x Pindad kepada perusahaan swasta, PTTEP Indonesia yang diwakili oleh General Affairs Manager, Afiat Djajanegara pada Jumat, 19 Februari 2021 di Gedung Direktorat Pindad Bandung. Stungta x Pindad akan diaplikasikan di Danau Toba sebagai 5 destinasi super priotitas. Acara pelepasan juga dihadiri oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi Jabar, Bambang Rianto dan Direktur Utama PT Toptekno Indo/Hejotekno, Betha Kurniawan.
 
Serah terima Stungta x Pindad ini merupakan bagian untuk mensukseskan program pemerintah dalam pengolahan sampah.
 Dalam sambutannya, Direktur Bisnis Produk Industrial PT Pindad (Persero), Suharyono menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kepercayaan yang diberikan PTTEP Indonesia terhadap produk inovasi pengolahan sampah milik anak bangsa. Suharyono juga menyampaikan Menko Marves juga mendukung penggunaan Stungta x Pindad sebagai solusi penanggulangan sampah di Indonesia.
 
“Terima kasih atas kepercayaan PT TEP Indonesia terhadap produk inovasi anak bangsa Stungta x Pindad, sebagai wujud partisipasi dan solusi penganggulangan sampah. Pindad terus akan berinovasi dalam pengembangan incinerator pengolah sampah dari sumber utamanya seperti pasar, sungai, dan lain-lain.” Jelas Suharyono. 
 
General Affairs Manager PT TEP, Afiat Djajanegara menyampaikan, mesin pembakar sampah atau incinerator didorong oleh Menteri Marves untuk mengatasi masalah sampah khususnya di wilayah prioritas pariwisata. Afiat menjelaskan bahwa pengolahan sampah menjadi fokus dalam program CSR PTTEP.
 
“Incinerator tidak hanya diproduksi oleh Pindad. Pemilihan Stungta x Pindad telah melewati beberapa pertimbangan. Kami memilih Stungta yang merupakan produk dalam negeri. PTTEP merupakan perusahaan swasta pertama yang menggunakan Stungta, dan diharapkan dapat menjadi dorongan bagi perusahaan swasta lainnya untuk dapat menggunakan produk incinerator Stungta x Pindad dalam penanganan pengolahan sampah.” Jelas Afiat.
 
Stungta x Pindad merupakan incinerator tanpa asap, hasil kerja sama antara PT Pindad (Persero) dan PT Top Tekno Indo (Hejotekno). Adapun kelebihannya diantaranya ramah lingkungan; Incinerator ini tidak menghasilkan asap dan zat berbahaya lainnya karena sudah melalui pembakaran sempurna (double burner), filter dan treatment asap.
 


Hemat energi : Stungta x Pindad Incirenator adalah teknologi tepat guna untuk minimasi masalah sampah dengan Sistem Tungku & Treatment Air sehingga sangat efisien dalam penggunaan bahan bakar.
 
System continuous : Input sampah pada pembakaran dapat dilakukan secara terus menerus yang berbeda dengan incinerator lain yang menggunakan system buka tutup pintu ruang bakar yang mengharuskan burner dimatikan dan didinginkan ketika akan memasukan sampah baru.
 
Pembakaran sempurna : Dengan suhu ruang 800-1200 °C dapat memusnahkan hampir seluruh jenis sampah kering dan basah diminimasi menjadi ± 5% dari volume awal sampah.
 
System compact & portable : Stungta Incinerator memiliki konsep kemudahan dalam aplikasi lapangan, karena memiliki desain yang kompak, ukuran kecil dan kemudahan mobilisasi dengan sumber listrik yang independent (genset).
 
Kemudahan Pengoperasian : Stungta x Pindad – smokeless Incinerator memiliki konsep kemudahan dalam mengoperasikan, yaitu dengan kelebihan pada desain ergonomis dan kemudahan operasional sehingga memudahkan operator dalam melakukan proses kerja.
 
Stungta x Pindad telah mengantongi Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI dan sudah dioperasikan di wilayah Kabupaten Bandung dan Provinsi Jawa Barat.
 
 

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com