Tutup Menu

Presiden LIRA Sambangi Direktur Ormas Kemendagri

Selasa, 12 April 2022 | Dilihat: 57 Kali
Presiden LIRA berkunjung ke Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kemendagri RI di Jakarta, Risnandar Mahiwa, S.STP, M.Si. (foto istimewa)
    
Pelapor : Frans S Watu
Editor   : H. Sinano Esha

JAKARTA –Tabloidskandal.com ll Pasca terpilih sebagai Presiden Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) pada Musyawarah Nasional LIRA III di Batam, Kepulauan Riau, Andi Syafrani, SH, MCCL, CLA, CM, SHEELL bersama tim kerjanya melakukan konsolidasi organisasi.

Salah satunya, berkunjung ke Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kemendagri RI di Jakarta, Risnandar Mahiwa, S.STP, M.Si.

Dijelaskan Andi, pertemuannya dengan Risnandar untuk menyampaikan hasil Munas LIRA III, yang telah dilaksanakan di Batam, Kepulauan Riau, pada 23-24 Maret 2022. 

“Bertemu Pak Direktur Ormas untuk bersilahturahim dan membicarakan peluang kerjasama program di Kemendagri,” kata Andi yang mantan pengacara Jokowi-Ma’ruf Amin.

Menurut Andi, salah satu dari banyak hal yang disampaikan kepada Direktur Ormas, pasca Munas ke III, LIRA perlu segera merapikan administrasi kelembagaan. Terlebih lagi berkesempatan dengan Kemendagri saat ini tengah menyusun indeks Ormas. Disinilah LIRA perlu membangun komunikasi dan sinergisitas dengan konsili LSM, sarannya.

Sementara itu Direktur Ormas menyampaikan, bahwa pemberdayaan Ormas merupakan tanggung jawab pemerintah. Kemendagri siap menjembatani untuk pemberdayaan Ormas, baik langsung di pusat, maupun melalui pemerintah daerah.

"Atas nama kader LIRA se Indonesia, saya mengapresiasi penyambutan yang penuh keakraban ini. Pemerintah sebagai pembina Civil Society Organization (CSO), patut kita dukung. Kedepan kami akan terus berupaya melakukan komunikasi lintas sektor untuk mensinergikan berbagai program," papar Andi.

Pasca Munas III, lanjut Andi, LIRA tengah menyusun kepengurusan. Dan saran Direktur Ormas agar administrasi LIRA dirapikan, akan segera dipenuhi. Sebagai LSM yang punya cabang di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, LIRA siap bekerjasama dan akan mengikuti program pemerintah, baik di pusat maupun di di daerah.

“Rencana bulan juni LIRA akan melakukan pengukuhan pengurus, untuk itu kami berharap Kemendagri bisa hadir,” pinta Andi kepada Risnandar Mahiwa.

Sementara Bipati LIRA Malang, M.Zuhdy Ahmadi, mengapresiasi kunjungan Presiden LIRA ke Direktorat Jenderal Politik dan Pemerinthan Umum (Ditjen Polpum) Kemendagri RI. Kunjungan tersebut sebagai bentuk sinergi antara kedua Lembaga.

“Saya mengapresiasi langkah Presiden LIRA, yang secara nyata memberikan apresiasi terhadap pemerintah (Kemendagri) sebagai pembina Ormas/NGO, yang dapat membuka diri dan mau berdiskusi untuk pengembangan organisasi ke depan. Harapannya LIRA bersama Kesbangpol akan melakukan sinergi baik dalam bentuk kajian maupun implementasi supaya penyelenggaraan organisasi bisa lebih baik ke depan,” tutur arek Malang Didik Sakera, begitu M.Zuhdy Ahmadi biasa disapa.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Walikota LIRA Binjai, Eddy Aswari. Dia berharap, semoga kunjungan ini terus bisa ditindak lanjuti dengan hal-hal yang konkrit. Kami di daerah bisa termotivasi jika DPP terus membangun komunikasi dengan Lembaga Negara di pusat, ini kabar baik bagi kami di daerah.

Turut mendampingi Presiden LIRA  dalam kunjungan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerinthan Umum (Ditjen Polpum) Kemendagri RI yaitu Frans Watu (tim formatur), Vera Tobing, Arinta Lenggono, Direktur Konsili LSM Anick HT, Direktur Media Survei Indonesia (MSI) Asep Rahmatullah.
 

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com