,
13 Desember 2019 | dibaca: 48 Kali
Optimalisasi Peran Pelayanan Kesehatan Primer Mewujudkan Generasi Aru Sehat
noeh21

Dobo Skandal,

Rapat kerja Daerah (RAKERKESDA) tahun 2019 di lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru  bertempat di lantai Ii kantor BPKAD Jln Raya Pemda Kelurahan Siwalima Kecamatan Pp Aru Kabupaten Kepulauan Aru, Sabtu, 07/12. 

Acara yang dibuka oleh  Bupati Kabupaten Kepulauan Aru Dr Johan Gonga, dihadiri oleh Danlanal Aru diwakili Kaur Polum BP Lanal Aru Lettu Laut (K) Dr. Rizky Apriansyah, Para Pimpinan OPD Kab. Kepulauan Aru. Para Staf Ahli Bupati Kepulauan Aru, Para Asisten Sekda Kabupaten Kepulauan Aru, Sekdis Kesehatan Kab.kep Aru dr.H. Darakay, Kasubag Perencanaan Anthonio Matuakotta, Kepala Puskesmas Se-Kab. Kep. Aru dan  undangan lainnya.

Rapat kerja ini mengusung thema sentral dan isu prioritas di bidang kesehatan pada tatanan nasional dan provinsi yang juga menjadi isu dan permasalahan prioritas di Kabupaten Kepulauan Aru. 

Thema sentral dan isu prioritas bidang kesehatan menumpu pada upaya pencapaian 
cakupan kesehatan semesta (universal health coverage). Cakupan kesehatan semesta (Universal Health Conerage) merupakan suatu rangkaian upaya ang holistik, strategis, dan integral dari semua upaya pembangunan kesehatan pada seluruh tahapan siklus kehidupan manusia.

 Thema ini juga sangat berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yang menargetkan bahwa pada tahun 2030 tidak satupun orang yang tidak menikmati hasil pembangunan berkelanjutan (no one is left behind).  Isu prioritas kesehatan di tahun 2019 yang menjadj kajian di tingkat nasional dan provinsi menjadi isu prioritas di Kabupaten Kepulauan Aru diantaranya; Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Neonatus (AKN), Penyakit Tidak Menular (PTM), Stunting, Imunisasi, Tuberkulosis (TB), Digital health/e-health, 7.Kesiapan menghadapi bencana (pra dan post), pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Obat, Jaminan Kesehatan Nasional/JKN, dan Peran Serta Masyarakat. 

Mengutip pesan dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional tanggal 12 November 2019 yakni “Generasi Sehat Indonesia Unggul” merupakan respon atas keharusan mempersiapkan generasi Indonesia yang cerdas,kreatif,inovatif menyambut tahun emas Indonesia 2045, di letakan di atas pola dasar hidup sehat. 

Hal ini memiliki makna yang sama dengan yang telah dibangun oleh pemerintah Daerah yang dituangkan dalam komitmen “Sehat Negeriku,Cerdas Rakyatku”. Bahwasannya benih atau dasar hidup sehat insani akan membuakan insan yang cerdas,kreatif,inovatif dan berdaya saing sebagai aset dalam  menggerakan  pembangunan kedepan di segala bidang.

Puskesmas dengan jejaringan sebagai Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer tersebar luas di seluruh pelosok negeri Kepulauan Aru memiliki peran strategi dalam menanam kan benih pola hidup sehat kepada seluruh lapisan masyarakat. Pola Hidup sehat inilah akan mendatangkan generasi yang cerdas,kreatif,inovatif dan berkarakter. 

Dengan pengarusutamaan (mainstream) atau mengoptimalkan pelayanan kesehatan pada pelayanan kesehatan primer yang berkualitas akan berdampak pada lahirnya generasi yang lebih sehat dalam meraih cita kita bersama dalam mewujudkan komitmen “Sehat Negeriku Cerdas Rakyatku”.dan di akhir kata dengan senantiasa memohon petunjuk dan pertolongan Tuhan Yang Maha Esa Rapat Kerja Kesehatan Daerah Kabupaten Kepulauan Aru Tahun 2019, Sabtu O7 Desember 2019 saya nyatakan dibuka dengan resmi. Jus
Berita Terkait
Berita Lainnya