,
29 Desember 2018 | dibaca: 65 Kali
Menteri Pertanian RI Bantu Bibit dan Alat Pertanian Di Kolut
noeh21

Kolaka Utara, Skandal

Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman MP membagi-bagi  sejumlah bantuan alat-alat pertanian dan bibit kakao kepada para petani di Kolaka Utara (Kolut) sebagai dukungan terhadap petani dan pemda Kolut untuk swasembada pangan.




Selain itu, Mentan juga melakukan panen raya  jagung tepatnya di Desa Kalahunde, Kecamatan Pakue Tengah. meski dalam keadaan kurang sehat dan ada agenda rapat terbatas  para menteri dan presiden.

“Meskipun hari ini ada agenda nasional yaitu rapat terbatas  semua menteri dan presiden. Namun Bapak Presiden memerintahkan saya untuk menghadiri acara ini demi kepentingan rakyat,” ucapnya pada Kamis (27/10/2018).

Menurut dia, demi meningkatkan pertanian Indonesia pihaknya telah  mengelontorkan anggarkan sebesar Rp 5,5 triliun untuk perkebunan di seluruh pelosok Indonesia seperti Kakao, cengkeh, lada dan kopi dengan memberikan bibit yang terbaik.

Selain itu, Kementerian Pertanian juga  telah melakukan program pemberian gratis bibit jagung di sejumlah daerah di Indonesia. Khusus di Kolaka Utara, dan dinaikan menjadi 5 ribu hektar untuk Tahun 2019 mendatang.

Sebagai wujud keberpihakan, Presiden mengeluarkan Pepres tentang patokan harga komoditas jagung yang menguntungkan petani. Bahkan saat ini harga jagung telah mencapai Rp4500 perkilogram serta mengharapkan sejumlah bantuan yang diterima para petani kakao mampu mensejahterakan dan mengembalikan masa kejayaan kakao di Kolaka Utara.

"Kami sangat mengapresiasi  bupati yang terus berjuang untuk mewujudkan program revitalisasi kakao. Hari ini 1,5 juta pohon kakao yang akan disalurkan pada masyarakat merupakan usaha dan kerja keras bupati dan jajaran” tutur Amran (Sapaan akrabnya).

Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar juga  mengutakan bahwa  program revitalisasi Kakao yang dicanangkan merupakan kebutuhan masyarakat Kolut, yang dimana sekitar 80% masyarakat kolaka utara adalah petani.

“Terimah kasih pak Menteri Pertanian atas bantuan dan kehadiranya. Kami yakin program revitalisi kakao ini akan berhasil,” ucap Nur Rahman.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Asisten Teritorial (Aster) Mabes TNI, Kapolda Sultra, Danrem Haluoleo, Dirjen Perkebunan, Sekda Provinsi, Anggota DPRD Provinsi, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten, para Kepala OPD Provinsi dan OPD Pemda Kolut. | Tim
Berita Terkait
Berita Lainnya