,
04 April 2020 | dibaca: 380 Kali
Laporan Sekretaris Gugus Malra, dr Kety Notanubun
noeh21

Langgur, Skandal

Sekretaris Gugus Maluku Tenggara dr Kety Notanubun mengimbau agar mereka yang memasuki Malra sehabis melakukan perjalanan dapat melakukan karantina mandiri di Hotel Langgur ataupun di rumah masing-masing sesuai SOP yang ditetapkan.

Imbauan itu disampaikan tadi siang sekitar pukul 11 siang tadi di Posko Penanganan Covid 19 Media Center Kabupaten Malra, 3/4. 

Imbauan disampaikan menyusul pemeriksaan rutin bagi penumpang Maskapai Penerbangan Wings Air pada Bandar Udara Karel Satsuitubun Langgur.

Mereka  yang diperiksa berjumlah 74 orang, dengan hasil pemeriksaan negatif (tidak ditemukan gejala penderita covid-19).

 Pemeriksaan Rutin Juga dilakukan pada Pelabuhan Motor Watdek sebanyak 56 penumpang dengan hasil negatif  

Selain pemeriksaan rutin, juga dilakukan penyemprotan disinfektan di beberapa Lokasi Karantina Mandiri dan rumah warga di Daratan Kei Kecil, antara lain Wearsten, Kolser, Ohoibun Pantai, Ohoi Ibra, Wain Raja, Watngon, Rumaat, Rat, Abean, Mastur, Garara, Ngurwul, Elaar Let, Elaar Lamagorang, Elaar Nngursoin, Ohoidertutu, Somlain, Ohoiren, Ohoira, Watngil, Wab, Ohoibadar, Madwat, Wirin, Ngursit, dan Tetoat.

Penyemprotan tersebut  melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR dan Dinas Pertanian. 

Dari catatan, mereka  yang melakukan Karantina Mandiri dari 458 mereka yang datang ke Malra  ada 7  yang melakukan Karantina Mandiri di Hotel Langgur. Sisanya di rumah keluarga, Ohoi maupun kecamatan dengan  pengawasan oleh Puskesmas, camat setempat di bawah Pengawasan Tim Satgas. 

"Sangat diharapkan kesadaran diri mereka yang datang ke Malra dapat mematuhi SOP Isolasi / Karantina Mandiri," ujar dr Kety Notanubun.

Begitupun kepada masyarakat melakukan pemantauan terhadap mereka yang datang,
sehingga benar-benar melakukan Physical Distencing, tetap tinggal dalam rumah, jaga jarak dan tidak bersentuhan fisik serta melakukan perilaku hidup sehat.

Berdasar laporan sampai Sabtu ini, 4/4 Pukul 11.00 WIT, di Kabupaten Maluku terdapat 2 orang ODP (Orang Dengan Pemantauan) dan 1 orang PDP, seorang perempuan, 38, dilakukan pemeriksaan ulang tanggal 26 Maret. Hasilnya membaik saat ini 

Sementara Rawat Jalan dengan riwayat Perjalanan dari Abu Dhabi.
ODP 01 ditetapkan pada tanggal 23 Maret 2020. 

ODP 02, laki-laki, berusia 51 dilakukan pemeriksaan ulang tanggal 27 Maret 2020. Hasilnya membaik, dan ODP 02 sudah keluar dari RSU Karel Satsuitubun Langgur. Saat ini rawat jalan dengan riwayat Perjalanan Luar Daerah (Jawa - Bali). 
ODP 02 ditetapkan pada tanggal 25 Maret 2020. 

Sementara  PDP 0, perempuan, 27 tahun, saat ini menempuh rawat jalan.  PDP 01 kontak erat dengan keluarga yang baru tiba dari Bandung tanggal 16 Maret 2020. 
PDP 01 ditetapkan pada tanggal 29 Maret 2020. 

Sementara pemeriksaan dengan RDT pada 9 orang, merupakan pasien yang telah dirawat dan yang kontak erat dengan ODP dan PDP. Hasilnya negatif.
Berita Terkait
Berita Lainnya