,
03 September 2019 | dibaca: 332 Kali
IKB Soroti Keprihatinan Anak Bangsa saat ini
noeh21

Jakarta, Skandal

Ikatan keluarga Besar Universitas Indonesia ( IKB UI ) akhirnya ikut berbicara soal kondisi bangsa saat ini.

Dikemas dengan tema Keprihatinan Anak Bangsa, , Ikatan Keluarga Besar (IKB) UI menggelar konferensi pers  di Starbyck Djakarta Theater, Minggu kemarin, 1/9.

Mereka menyoroti menegakkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,  Kerusuhan di Papua ,hutang luar negeri ,Pemindahan ibu kota ,Kematian lebih dari 740 petugas KPPS,Dugaan pelanggaran HAM , dan Referendum.




Menyikapi hal hal tersebut di atas dan memperhatikan dinamika yang terjadi saat ini , IKB UI  sebagai salah satu elemen anak bangsa,  berkomitmen penuh dengan persatuan dan kesatuan NKRI.

IKB  menyatakan keprihatinan yang mendalam atas tragedi di Papua ,dan bela sungkawa atas gugurnya rakyat sipil , anggota TNI dan POLRI di Papua akibat kerusuhan tersebut.

Mereka mendesak Presiden /Pemerintah untuk bertindak tegas menjaga kehormatan negara dan keutuhan NKRI dengan tegas untuk tegaknya hukum yang berkeadilan kepada siapapun pelakunya, termasuk para aktor Jakarta di balik peristiwa tersebut.

Mendesak Pemerintah untuk mempersiapkan strategi penyelesaian utang luar negeri demi melindungi harkat martabat dan kedaulatan bangsa indonesia serta masa depan generasi muda indonesia .Stop intervensi negara lain menggunakan instrumen utang dan investasi seperti OBOR .
Mendesak Pemerintah untuk secara tuntas melakukan investigasi atas kematian lebih dari 740 petugas KPPS , 
membebaskan masyarakat kecil yang masih tanpa alasan jalas, mendesak Pemerintah untuk mengusut tuntas dan mengadili para pelaku pelanggaran HAM  berat dari kalangan aparat keamanan atas tragedi 21 dan 22 Mei 2019.

Mendesak Pemerintah untuk berusaha keras mencegah terjadinya Referendum di Papua yang mengancam keutuhan NKRI ,Permasalahan Papua tidak cukup melalui pengiriman pasukan ke Papua bahkan semakin banyak pasukan yang di kirim akan semakin jauh dari hati rakyat papua dari NKRI .Patut dicatat ,kegagalan Papua adalah bukan kegagalan aparat ataupun menteri pemerintahan melainkan kegagalan kinerja Presiden RI.

Demikian pernyataan sikap IKB UI ,semoga Allah swt memberikan petunjuk kepada kita semua untuk selalu berbuat dan menjaga keutuhan bangsa dan negeri ini .
Ikatan Keluaga Besar Universitas Indonesia.

Konferensi pers ini dihadiri Taufik Bahaudin ( Dosen UI ) ,Ichsan ( Ketua Iluni FT 01/04 ,), Pito ( Aktivis UI ) ,Dodi L ( Aktivis UI ) ,Eppi ( Aktivis UI )  Chusnul Mariyah ( Dosen UI dan Aktivis Perempuan ) dan beberap anggota IKB UI. (Fauzi)
Berita Terkait
Berita Lainnya