Tutup Menu

BUPATI SUWIRTA TINJAU TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat)

Selasa, 29 September 2020 | Dilihat: 358 Kali
    


Klungkung, Skandal

Bupati Klungkung Suwirta didampingi Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan Anak Agung Kirana dan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung Wayan Ardiasa meninjau lokasi TOSS dan pasar Gunaksa di Desa Gunaksa pada Senin 28/9/2020.

Kegiatan tersebut  untuk melihat langsung lokasi TOSS dan Pasar Gunaksa sehubungan dengan beberapa postingan masyarakat tentang TOSS.





Bupati Suwirta menyampaikan bahwa TOSS merupakan program sederhana, yakni program yang mengajarkan masyarakat untuk melakukan pengolahan sampah dari hulu sampai hilir. Yang dimaksud dari hulu yaitu memisahkan sampah organik dan an-organik; sampah dari rumah, warung, pasar, sekolah, perkantoran dan lain sebagainya.
Dilapangan ditemukan fakta

 bahwa masyarakat tidak ada yang bersedia memilah sampah, karena aparat Desa belum memberikan edukasi dan pemahaman serta tidak mempunyai Perdes terkait retribusi sampah.

Bupati Suwirta menugaskan Perbekel membuat Perdes agar bisa dikelola dengan baik, dengan adanya Perdes diharapkan masyarakat mau memilah sampah dari rumah, Ia juga berpesan agar masyarakat diberikan jadwal supaya sampah bisa diambil oleh mobil sampah ke TOSS, saat sampah tiba di TOSS akan dipilah kembali oleh petugas setempat. Bupati Suwirta menambahkan bahwa sampah plastik sudah ada pengepul yang berminat membeli, sedangkan sampah organik sudah disiapkan alat pencacah sampah oleh PT. Indonesia Power. 

Bupati Suwirta juga menyampaikan sukses atau tidaknya TOSS di Desa Gunaksa tergantung dari SDM yang melaksanakannya, TOSS Gunaksa merupakan tanggung jawab Desa, biaya pembangunannya menggunakan dana desa dengan support alat-alat pengoperasian dari PT Indonesia Power. Ia juga

 menambahkan pembangunan TOSS di Desa-Desa untuk memudahkan masyarakat Desa mengolah sampah dari sumbernya sesuai Peraturan Gubernur Bali No. 47 tahun 2019, tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber itu mencakup aturan pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

Terkait dengan Pasar yang bersebelahan dengan TOSS Gunaksa, Bupati Suwirta mengharapkan agar keberadaan Pasar bisa dimanfaatkan sehingga dapat membuat perputaran  ekonomi di Desa Gunaksa semakin baik. Bupati Suwirta berpesan kepada Perbekel dan Perangkat Desa agar aktif mengedukasi masyarakat dan menginformasikan program yang ada di Desa.

“Masyarakat Klungkung dapat memberikan masukan-masukan, mari ikut berproses membangun agar Klungkung menjadi Kabupaten yang sejahtera bersama dengan Pemerintah dan Swasta”, ujar Bupati Suwirta. 

Perwakilan PT. Indonesia Power F. Erwin Putranto menyampaikan PT Indonesia Power akan mensupport TOSS Gunaksa dengan alat pengoperasian. "Mari bersama-sama kita kawal proses hulu ke hilir yang ada di TOSS Gunaksa," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Perwakilan PT Indonesia Power, Perangkat Desa Setempat dan Instansi terkait lainnya. 

Sony Bali

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com