Tutup Menu

Bale Banjar Buana Agung-Padang Sambian Berhasil Renovasi

Kamis, 19 Mei 2022 | Dilihat: 50 Kali
Bale Banjar Buana Agung Padang Sambian Denpasar nampak megah setelah renovasi (foto istimewa)
    
Pelapor : Sonyka Utama
Editor   : H. Sinano Esha

DENPASAR –Tabloidskandal.com ll Di tengah kondisi krama adat (warga) diresahkan oleh pandemi Covid-19 di Bali, ternyata upaya Banjar Buana Agung Kelurahan Padangsambian berhasil melaksanakan renovasi Bale Banjar (tempat pertemuan warga), membangun Bale Kulkul dan Pura Penyarikan Banjar.

Keberhasilan pembangunan dan renovasi tersebut tidak lepas dari kebersamaa warga dengan pengurus desa adat dan desa dinas. Bahu-membahu menggalang dana bersama para tokoh politik wilayah (wewidangan) setempat, melalui pendekatan kepada pihak swasta maupun pemerintah dengan cara mengajukan proposal.

A A. Suarta selaku Kelian Banjar Buana Agung Desa Adat Padangsambian menjelaskan, biaya pembangunan difasilitasi Drs. AA. Ketut Asmara Putra, yang akrab dipanggil Gus Cilik, sehingga mendapat bantuan dari Komisi VI DPR. RI melalui Putu Supadma Rudana, dan bantuan dari Dinas Perkim Kota Denpasar.

“Kami juga mendapat bantuan CSR dari PT. Telkom sebesar Rp 200 juta, serta bantuan Rp 600 juta dari Perkim. Dana itu untuk membiayai pembangunan Balai Kukul, tembok penyengker, dan Balai Banjar yang baru separuh bangunan sudah selesai,” ungkap Suarta kepada wartawan, Rabu (18/5/2022) .

Dikatakan, untuk perbaikan Periangan yang telah menghabiskan dana RP 220 juta, mendapat bantuan dari Perkim Denpasar yang difasilitasi oleh Gus Cilik.

Ditambahkan Suarta, berkaitan dengan penggalangan dana tersebut, pihaknya selaku kelian banjar dan juga kerame banjar, berterima kasih atas semua bantuan dalam pembangunan bale banjar.

“Kami bekerja untuk ngayah dan kami berusaha meluangkan waktu untuk ngayah,” katanya.

Begitu juga dikatakan AA. Ngurah Prasasti, selaku Pelingsir Banjar Buana Agung. Secara tulus ia berterima kasih kepada Drs. AA. Ketut Asmara Putra atas partisipasinya sehingga Putu Supadma Rudana dari Komisi IV DPR RI menyalurkan bantuan untuk pembangunan balai banjar yang megah ini.

“Harapan saya, ada kelanjutan program bantuannya untuk menyelesaikan pembangunan Banjar ini ke depan,” kata AA. Ngurah Prasasti, berharap.

Salah satu krama adat, Agung Ngurah Astawa mengatakan, masyarakat sangat antusias dengan bantuan yang diberikan sehingga bangunan balai banjar bisa selesai.

“Harapan kami semoga beliau (Gus Cilik,red) terus maju dan selalu membantu masyarakat, karena selama ini beliau sangat dekat masyarakat,” bebernya.

Sementara A.A Panca Setiadi, sebagai generasi muda di kelompok Seka Truna Truni (Karang Taruna) menyatakan astungkare atas perubahan banjar yang selama ini diharapkan.

“Saya berharap bale banjar segera selesai, dan pembangunannya tidak setengah-setengah. Juga diharapkan ada donatur yang memberikan bantuannya,” ujar Panca penuh harap.
 

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com