Tutup Menu

Advokat Peradi Pergerakan Jaga Kepercayaan

Minggu, 17 April 2022 | Dilihat: 221 Kali
Perhimpunan Advikat Indonesia (Peradi) Pergerakan Yogyakarta gelar buka puasa bersama di Hotel Cavinton Yogya (foto istimewa)
    
Pelapor : Yuyun Triastuti
Editor   : H. Sinano Esha

YOGYAKARTA –Tabloidskandal.com 
Di tengah krisis penegakan hukum, yang akhir-akhir ini dirasakan timpang, bisa saja terjadi korban malah jadi tersangka. Hukum seolah tajam ke bawah, tumpul ke atas sehingga perlu peran advokat selaku salah satu penegak hukum hadir untuk meluruskan.


Demikian ditegaskan M Syafei SH MSi, Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Sekjen DPP) Persaudaraan Penasihat Hukum, yang juga anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (peradi) Pergerakan, pada acara buka bersama dengan beberapa elemen masyarakat, para advokat lintas organisasi di Yogyakarta dan insan pers di Hotel Cavinton, Yogyakarta, Jumat (16/4/2022).

"Di dalam melakukan pendampingan hukum, advokat (yang tergabung pada Peradi Pergerakan) harus terus terjaga kepercayaannya," katanya, seraya menjelaskan, sebagaimana Pasal 5 ayat (1) Undang-undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat, dijelaskan bahwa advokat berstatus sebagai penegak hukum, bebas dan mandiri yang dijamin oleh hukum dan peraturan perundang-undangan.
 
Buka Bersama dihadiri 67 advokat dari lintas organisasi, elemen masyarakat dan organisasi perusahaan portal berita online Media Independen Online (MIO) Indonesia wilayah Yogyakarta (foto Isitmewa)



Pada acara itu nampak hadir advokat senior seperti Triyandi Mulkan, Dedy Suwardi, Beny Prasetyo.dan Layung Purnomo.

"Kami mengundang lebih dari 75 advokat.  Alhamdulillah, yang hadir 67 advokat dari lintas organisasi," jelas ketua pelaksana buka bersama, Ganing Pratiwi.

Buka bersama itu juga dihadiri jajaran  pengurus MIO (Media Independen Online) Indonesia wilayah DIY, Yuyun Traiastuti, RAy. Irvia Yoniati. Organisasi ini merupakan himpunan perusahaan yang bergerak di portal berita online. Sebagian besar pemiliknya juga berprofesi advokat, anggota Peradi Pergerakan pimpinan Sugeng Teguh Santoso, SH, M.Hum, yang juga Ketua Indonesia Police Watch (IPW).

"Buka bersama ini merupakan acara rutin kami setiap tahun.  Prakasanya adalah Peradi Pergerakan Yogyakarta. Kami juga melaksanakan kegiatan bakti social (Baksos), dan santunan anak yatim piatu," papar Ganing Pratiwi.

Sementara itu, advokat Fahrur Rrozi yang turut hadir menambahkan, bahwa Peradi Pergerakan selalu menjaga silaturahim, baik sesama advokat maupun kolega, sekaligus memupuk rasa empati atas kondisi sulit yang dihadapi warga masyarakat belakangan ini. Itu sebabnya, pada acara ini, pihaknya menggalakan kegiatan Bakso, dengan harapan dapat meringankan beban masyarakat.
 

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com