Tutup Menu

Lagi, Tahanan Tewas Di Penjara Kantor Polisi

Rabu, 23 Februari 2022 | Dilihat: 82 Kali
Ilustrasi (foto istimewa)
    
Pelapor : Ajie Jahrudin
Editor   : H. Sinano Esha

CILEGON –Tabloidskandal.com ll Enam narapidana Polres Cilegon, Banten, telah ditetapkan sebagai tersangka pengeroyokan berakibat tewasnya AG, tahanan kasus Narkoba.

Menurut Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, dari hasil penyelidikan diketahui korban bersitegang dengan tahanan lain, AS, ketika pertama dijebloskan ke dalam tahanan sekitar pukul 15.30 WIB, Selasa (15/2/2022). Tiga jam kemudian dikabar tewas.

"Motif yang berhasil digali oleh penyidik, bahwa salah satu tersangka inisial AS yang oleh para tahanan dituakan di situ, pada saat tahanan AG masuk ke Polres kemudian dipersilakan masuk ke salah satu ruang tahanan yaitu kamar 7," jelas Sigit Haryono kepada wartawan di Cilegon, Senin (21/2/2022).
 

Lanjut Kapolres Cilegon, merasa kesal dengan korban, kemudian AS selaku ketua tahanan menyeretnya ke sudut ruangan, dan menganiaya. Lima tahanan yang satu ruangan pun ikut melakukan pemukulan.

"Melihat AS memukul korban, lima tahanan lain bersama-sama melakukan kekerasan. Tahanan AG tidak melakukan perlawanan. Korban terkapar  dengan luka-luka di tubuhnya. Putas jaga melihat korban pingsan, dan segera membawa ke rumah sakit terdekat,” ungkap Haryono, seraya menambahkan kalau nyawa tahanan AG tak tertolong lagi.

Para pengeroyok itu di antaranya AS, HY, M, JP, F dan DA. Mereka merupakan sesama tahanan di Mapolres Cilegon, dan  dikenakan Pasal 170 ayat (2) ketiga. Yakni, melakukan kekerasan sehingga matinya orang lain, ancaman pidana 12 tahun penjara.


Dijelaskan AKBP Sigit Haryono, akibat peristiwa itu pihaknya akan meriksa polisi yang dianggap lalai saat berjaga di ruang tahanan. Selain itu, juga akan bersikap terbuka dan profesional dalam menegakkan aturan, memberikan sanksi jika ada anggota polisi yang dianggap bersalah hingga menyebabkan AG meninggal dunia.

"Sebagaimana prosedur penjagaan oleh personil Polri saat itu, saya Kapolres meminta pemeriksaan secara objektif oleh Bidpropam (Polda Banten). Jika ada pembiaran, kelalaian, kita akan meminta penegakkan hukum sesuai peraturan yang berlaku," ujarnya.

Tahanan tewas di sel penjara kantor polisi juga terjadi di Polsek Lubuklinggau Utara, Hermanto diketahui meninggal dunia pada Senin (14/2/2022). Sehari sebelum AG dinyatakan wafat di Polres Cilegon.

Akibat tewasnya Hermanto, ada enam anggota polisi Polsek Lubuklinggau Utara dimutasi oleh Kapolda Sumatera Selatan.
 

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com