,
12 Mei 2020 | dibaca: 282 Kali
Pos TNI AL Jangkar Laksanakan Pam Mudik Observasi Covid - 19
noeh21


 Situbondo, Skandal

Jelang Hari Raya Idhul Fitri Tahun 1441 Hijrah / 2020 Masehi Prajurit Pos TNI AL (Posal) Jangkar, Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi melaksanakan Pengamanan (Pam) Mudik Observasi Covid - 19 dan Keamanan Laut Terpadu (Kamladu) bersama intansi-intansi terkait terhadap para penumpang di Penyeberangan keberangkatan Kapal Ferry, Pelabuhan Jangkar Kab. situbondo, Selasa (12/5/2020).

Pengamanan yang dilaksanakan secara terpadu dari berbagai unsur sinergitas Forkopimka diantaranya prajurit TNI AL, anggota Polri, Syahbandar  dan berbagai intansi terkait serta BUMN yang merupakan melaksanakan perintah program pemerintah dan pimpinan masing-masing dalam mencegah penyebaran virus covid - 19 dan mencegah tindak pidana kriminal  penyelundupan motor dan mobil hasil kejahatan curanmor atau cumob serta peredaran narkoba ke Pulau Ra'as Kabupaten Sumenep Madura.

Prajurit Pos TNI AL bersama Kepolisian Sektor Jangkar dan Satuan Polisi Perairan Polres Situbondo melaksanakan pengawasan dan pengamanan terhadap penumpang KMP Dharma Kartika yang menyebrang berlayar dengan tujuan Pulau Ra'as Madura terlebih dahulu dilaksanakan pemeriksaan terhadap setiap penumpang tanpa kecuali dengan prosedur protokol pencegahan Covid-19 dan Keamanan Laut serta Penegakan Hukum Laut yang ketat dan selalu siaga.

Adapun penumpang sebagian besar dari penduduk asli warga masyarakat madura yang bekerja di Pulau Dewata Bali yang akan menyeberang berlayar menuju Pulau Ra'as Madura dengan menggunakan Kapal Ferry.

Dari para penumpang 90 orang yang sudah lama menunggu kapal ferry diarahkan ke KMP Dharma Kartika dengan rincian Penumpang Dewasa 75 orang, Anak-anak 15 orang yang mengendarai Kendaraan sepeda motor 26 unit, mobil pick-up 7 unit.

Komandan Pos TNI AL (Posal) Jangkar, Peltu (Mar) Ali Wahyudi mengatakan, "Sesuai Surat Keputusan Kementerian BUMN No.SK-77/MBU/03/2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas Bencana Nasional Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maka seluruh perusahaan BUMN  di seluruh Indonesia wajib mendirikan pusat dan pos-pos bantuan penanganan Covid-19 diseluruh Provinsi di Indonesia, termasuk Jawa Timur dan khususnya Kabupaten Situbondo dengan pendirian Posko Satgas di setiap Kecamatan, Kelurahan atau Desa.” jelasnya.

"Alhamdulillah selama kegiatan observasi atau pengawasan dan pengamanan terhadap para penumpang menuju pulau ra'as madura berjalan dengan aman dan lancar." Singkatnya.
(MS)
Berita Terkait
Berita Lainnya