Tutup Menu

Pindad-Safran Bakal Produksi Bom Canggih

Jumat, 22 April 2022 | Dilihat: 58 Kali
Indonesia Borong 42 Unit Pesawat Tempur Rafale Buatan Prancis (foto istimewa)
    
Editor : H. Sinano Esha

JAKARTA –Tabloidskandal.com ll Setelah Indonesia memborong 42 unit pesawat tempur Rafale generasi baru buatan Prancis pada 10 Februari 2022, kini giliran perusahaan Prancis Safran Electronics and Defense mengajak kerja sama pabrik senjata domestik PT Pindad bikin bom jenis MK-82.

Kesepakatan pembelian 42 pesawat Rafale tersebut dilakukan di hadapan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Florence Parly dan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto.


Menurut Sisit Santosa, Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, bom yang bakal dibuat itu kategori canggih di kelasnya, digunakan di pesawat tempur Rafale. Indonesia dipercaya memproduksi isi bahan peledak dan fisik bom, yang berteknologi Highly Agile Modular Munition Extended Range (HAMMER) Smart Bom.

Dijelaskan, mengingat PT Pindad mampu produksi dan mengembangkan jenis bom MK-82 yang dipakai pada pesawat temper Rafale, maka perusahaan senjata Prancis mengajak kerja sama dengan Indonesia untuk memproduksi bom canggih.

“Sejauh ini Safran dikenal bereputasi tinggi di bidang pertahanan dengan smart guided bom-nya,” kata Sigit, seperti dikutip Detik.com, Kamis (14/4/2022).  

Berkaitan dengan kerja sama, delegasi Safran Electronics & Defense Prancis bertemu dengan Sigit Santosa pada 12 April 2022 di Gedung Direktorat Pindad Bandung.

Kontrak kerja sama Pindad-Safran juga untuk bidang optronic, pengembangan sistem kendali persenjataan. Dan hal ini diyakini Pindad bakal menjadi lead integrator, dan meningkatkan industri pertahanan dalam negeri. Sebagaimana dituangkan dalam Undang-Undang No.16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan, yakni lead integrator produk pertahanan harus dari domestik.

“Kita membangun kemampuan defend id yang lebih kuat, dan menjalin g strategic partnership networkin dengan mitra global di mana Safran merupakan salah satunya," ujar Sigit lebih jauh. (sumber: Detik.com)

 

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com