,
05 Mei 2019 | dibaca: 524 Kali
KEGIATAN LANJUTAN TNI AL SPOTMAR DI KECAMATAN SELARU ADAUT
noeh21

Saumlaki, Dkandal

Kegiatan TNI Angkatan Laut Spotmar di Kecamatan Selaru, disambut oleh Pemerintah Kecamatan dan kelompok nelayan  masyarakat dari Desa Adaut dan Desa Matakusa di Pelabuhan Kecamatan Selaru.




Dalam kunjungan rombongan kegiatan Spotmar di Kecamatan Selaru melibatkan TNI AL dan Pemda setempat,  dengan mengunakan Kapal Pulau Nustual 1 - 9  - 6 milik TNI AL.

Di atas kapal, para awak media KKT melakukan wawancara dengan Komsosmar Spotmar TNI Angkatan Laut  Kolonel Mar Edy Prakoso.

Dia mengatakan, tujuan kegiatan TNI angkatan laut ke Selaru, merupakan bagian dari kegiatan rutin  TNI AL dan dilaksanakan oleh Spotmar.  Kegiatan di Selaru merupakan bagian dari pengawasan dan evaluwasi kegiatan yang telah diserahkan ke Ambon.

"Sedangkan Satgasnya dari TNI Lanal  saumlaki sendiri " paparnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komunikasi sosial kepada masyarakat dalam mengelola potensi hasil laut untuk ketahanan ekonomi keluarga yang berada di Pisir dan kemarin kegiatannya sudah di laksanakan di Kec.Larat dan hari ini, 03 mei 2019 dilaksanakan di Selaru sekaligus melakukan sosialisai dan pelatihan kepada kelompok kelompok budi daya yang ada Selaru.




Setelah  kapal tiba di Pelabuhan Selaru, maka rombongan dijemput lansung oleh pimpinan kecamatan dan kelompok budidaya rumput laut serta teripang.

Dalam upacara adat, oleh tua - tua adat setempat yang dipimpin lansung oleh sekertaris kecamatan.EM. Maselkosu.

Setelah usai upacara penyambutan adat dan penyamatan  kain tenun atau sia'al yang merupakan ciri khas Tanimbar . 

Selanjutnya rombongan menuju Balai Desa unutuk selanjutnya,  mengikuti kegiatan Sosialisasi dan pelatihan terkait dengan budidaya rumput Laut dan Teripang.

Dalam kegiatan penyajian materi tersebut dari Pemda KKT (dinas perikanan) dan TNI AL.

Hadir saat itu adalah Paban IV Komsosmar spotmsr TNI AL Kolonel Mar Edi Prakoso, S.E., Pabandya Potwilmar Spotmar Mayor Laut Very Budianto, S. Kom, Staf Ahli bidang Polotik Hukum dan Pemerintahan Yul Ongirwalu S.Sos, kepala seksi budidaya Roby Reskin, S.Pi, Staf Seksi budidaya Luky Lermatan S.Pi, Pgs. Palaksa Lanal Saumlaki Kapten Laut (PM) Dody Irawan, Pasintel Lanal saumlaki Kapten Laut ( P ) Agus Harianto dan lainnya.

Usai sosialisasi dan pelatihan yang di buat maka perjalanan ke Eliasa untuk melihat lansung merkucuar di perbatasan dengan Australia itu. 

Setelah tiba di Eliasa perangkat desa menjemput rombongan  dalam bentuk upacara adat setempat.

Dengan keharmonisan dan keakraban perankat Desa lansung menyiapkan kendaraan roda dua guna mengantarkan tau membawa rombongan menuju merkucuar untuk melihat secara langsung .(MI)
Berita Terkait
Berita Lainnya