Tutup Menu

ANDALAN POLRES TUAL : "MANYEUW", TIMSUS PERTAMA DI POLDA MALUKU

Senin, 31 Mei 2021 | Dilihat: 319 Kali
    
Tual, Tabloidskandal.com
Andal, Pediktif, Responsibilitas dan Tranparasi dalam mewujudkan Zona Integritas, Andalan Polres Tual, MANYEUW Tim Khusus (Timsus) pertama kali hadir di Polda Maluku resmi dilaunching Kapolres Tual AKBP. Alfaris Pattiwael S.I.K, M.H sekitar pukul 08:20 WIT Senin, 31/5/2021.

Pantauan Tabloidskandal.com, acara pelantikan Tim Sus terbaik Polres Tual ini ditandai dengan upacara permandikan "Kembang" dari Kapolres Tual bersama Ketua Bhayangkary dan Waka Polres Tual AKP. Syahirul Awab bersama Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Maluku Tenggara di Lapangan Apel Mako Polres Tual, tepatnya di Jalan Dihir Nomor 1 Kelurahan Ketsoblak Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual.

Kapolres Tual AKBP. Alfaris Pattiwael S.I.K, M.H dalam jumpa Pers usai melaunching 12 Personil Timsus Manyeuw menegaskan pelantikan Timsus terbaik Polres Tual ini berdasarkan Surat Perintah Kapolres Tual (SPKT) Nomor : Sprin/246 N/Kep.2021 yang mana baru pertama kali terjadi di Polda Maluku.

"Timsus ini adalah yang pertama di Polda Maluku. Dari seluruh Polres di Maluku, Polres Tual yang pertama membentuk timsus ini," Ujar Pattiwael.

Pattiwael menjelaskan pemimpin-pimpinan Polres sebelumnya belum diketahui pasti apakah pernah ada yang membentuk Timsus seperti ini ataukah tidak. Pasalnya, timsus seperti ini banyak terdapat di Polda-Polda lain di seluruh Indonesia.

"Kalau di Polda-Polda lain Tim-tim seperti ini sangat banyak. Kalau di jakarta setiap polres punya tim khusus seperti tim elang, tim eagle, jaguar dan segala macam. Kalau kita di Polres Tual namanya Menyeuw (Elang) yang diambil dari nama lokal kita." jelas Kapolres.

"Jadi Timsus atau Tim Khusus ini nantinya tidak hanya terpusat pada satu kasus saja, tetapi melipiti semua seperti Narkoba, Pembunuhan, Pencurian, Perjudian, Pelanggaran Lalin dan juga kasus-kasus lain,” tambahnya.

Kapolres mengaku, nama "MANYEUW" sendiri diberikan berdasarkan nama salah satu Ikon asli daerah yang artinya "Elang" "Jadi bisa di laut dan juga didarat." paparnya.

Dikatakan semasa bertugas di Polda-Polda sebelumnya dirinya pernah membentuk Timsus yang sama untuk membec-up setiap kejadian dan gangguan kamtibmas.

Dari ratusan Personil Mako Polres Tual, sebanyak 12 Timsus terbaik Polres Tual yang dipilih Kapolres dari masing-masing Satuan Kerja (Satker) antara lain Satuan Sabhara Dalmas, Satuan Lalulintas, Satuan Reserse, Satuan Narkoba, Satuan Inteligen, Satuan Reskim dan Ops yang dikukuhkan Kapolres di awal pekan itu.

Setelah resmi ditetapkan sebagai Timsus, maka akan langsung  melaksanakan  tugas sebagai parameter dalam meningkatkan kinerja Polres Tual.

"Perlu saya tambahkan pula bahwa Timsus ini adalah mereka yang terbaik. Dan itu juga dilihat dari sehat jasmani rohani, disiplin dalam menjalankan tugas. Jadi tiga aspek ini yang menjadi acuan kami,” tegasnya

Dalam mendukung zona integritas Polres Tual, Pattiwael mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam mendukung kinerja Polres Tual terutama dalam membangun kerjasama dengan Timsus "MANYEUW" untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang bebas kriminalitas dan gangguan kamtibmas.

"Harapan kami dengan dibentuknya Timsus ini dapat menanggulangi setiap gangguan kejadian dan gangguan kamtibmas di kedua wilayah ini. Karna ini (Timsus-red) andalan kami dari Polres Tual sehingga pada saat terjadi kecelakaan atau gangguan kamtibmas tim ini yang pertama turun ke lokasi kejadian." tutup Kapolres Pattiwael.

Diketahui Timsus Manyeu, diketuai oleh Wakapolres Tual, Kompol Syahirul Awab S.Sos.,S.I.K. Penaggung Jawab Kasat Serse Iptu Hamin Siompo

Berikut nomor-nomor handphone ke-12 Timsus MANYEUW andalan Polres Tual. Masyarakat Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara dapat menghubungi kapan dan dimana saja apabila terjadi gangguan kamtibmas.

082238294050 > Cendaka
081343109495 > Suad
082248679024 > David
082198673981 > Gusti
081356276138 > Rijo
081248000329 > Ebo
081240244377 > Jo
085243126586 > Roni
081343111518 >Agung
081217406446 > Rettob
DANNY

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com