Tutup Menu

Paman Birin: Tadarus Alquran Mendapat Tiga Keutamaan

Sabtu, 09 April 2022 | Dilihat: 63 Kali
Selama sepekan di bulan Ramadhan 1443 H ini, Paman Birin telah menyambangi beberapa mushola di kawasan Martapura (foto istimewa)
    
BANJAR –Tabloidskandal.com ll Salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor, atau yang biasa disapa Paman Birin, seusai buka puasa adalah tadarus Al Quran di masjid atau mushola bersama warganya, dan sekaligus beramah-tamah.

Selama sepekan di bulan Ramadhan 1443 H ini, Paman Birin telah menyambangi beberapa mushola di kawasan Martapura, seperti Mushola Baitur Rahmah, Mushola Al Huda, Mushola Al Istiqamah dan Al Falah. Dan selanjutnya akan terus melakukan safari di bulan suci penuh berkah untuk bertadarus dan berbincang dengan warganya.

Tadarus dan mengaji adalah kebiasaan Paman Birin di berbagai kesempatan, bukan hanya pada bulan Ramadhan saja. Ia lakukan di sela kesibukannya, baik di rumah, kantor maupun masjid atau mushalla ketika tengah meninjau wilayah Kalsel.

Menurut Paman Birin, ada tiga keutamaan jika menjalani tadarus selama bulan Ramadhan. Yakni, memberi syafaat di akhirat, mendapat kebaikan berlipat, dan akan ditempatkan di syurga bersama malaikat Allah.


Tadarus dan mengaji adalah kebiasaan Paman Birin di berbagai kesempatan, bukan hanya pada bulan Ramadhan saja. Ia lakukan di sela kesibukannya, baik di rumah, kantor maupun masjid atau mushalla ketika tengah meninjau wilayah Kalsel. (foto istimewa)


“Melakukan tadarus, baik sendiri maupun secara bersama-sama, di rumah maupun masjid dan mushola selama bulan Ramadhan akan memberi syafaat di akhirat nanti,” ujar Paman Birin, seraya mengutip sabda Nabi Muhammad SAW, puasa dan Al Quran akan memberi syafaat (pertolongan) pada seorang hamba di hari kiamat.

Dijelaskan Gubernur Kalsel, pelaksanaan tadarus atau membaca Al Quran di masjid selama Ramadhan sudah dilakukan sejak masa khalifah Umar. “Itu sebabnya, selama bulan Ramadhan saya berkewajiban melakukan tadarus di masjid dan mushola se-Kalsel,” katanya.

Rasulullah dalam sabdanya mengingatkan, lanjut Paman Birin, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf (HR.Tirmidzi).”

Lebih jauh dikatakan Paman Birin, tadarus atau membaca Al Quran selama bulan Ramadhan juga ada dalam firman Allah, yakni syurah Al Baqarah ayat 185. Di mana Allah berfirman: "Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan adalah tadarus Al Quran. Tadarus Al Quran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadhan."

“Itu sebabnya, pada setiap kesempatan tadarus saya selalu mengingatkan dan mengajak warga untuk memperbanyak baca Al Quran agar memperoleh tiga keutamaan. Yakni, memberi syafaat di akhirat, mendapat kebaikan berlipat, dan akan ditempatkan di syurga bersama malaikat Allah,” katanya.

Dengan membaca Al Quran, lanjut Paman Birin, hikmah yang terkandung di dalamnya akan menjadi petunjuk jalan menuju kebenaran. Tak akan mungkin tersesat. “Allah itu mahabenar akan petunjuk yang diberikanNya,” ujarnya.

Usai tadarusan, biasanya Paman Birin menyempatkan untuk berbincang dengan Jemaah mushola dan warga setempat. Hal ini dilakukan guna mengenal lebih dekat satu sama lain sekaligus menyerap aspirasi masyarakat.

“Alhamdulillah, Ibadah puasa Ramadhan tahun 2022 ini, kita dapat melaksanakan tadarusan Alquran bersama,” katanya.



Di setiap kesempatan tadarus bersama warga, ia katakana apa yang dilakukan sebagai upaya silaturahmi di bulan Ramadhan dengan mengunjungi mushola dan masjid di kawasan Kalsel. (foto istimewa)


Di setiap kesempatan tadarus bersama warga, ia katakana apa yang dilakukan sebagai upaya silaturahmi di bulan Ramadhan dengan mengunjungi mushola dan masjid di kawasan Kalsel.

Selain giat tadarusan, Paman Birin juga tercatat juga rajin berziarah ke makam para ulama dan Habaib di berbagai kesempatan. Di antaranya mengunjungi makam Datu Kelampayan dan Habib Luar Batang di Jakarta. (*/adv)

Pelapor: Irwansyah
Editor  : H. Sinano Esha
 

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com