Tutup Menu

Yanti Nurdahniar : Silaturahmi Memperlancar Rezeki

Jumat, 17 Februari 2023 | Dilihat: 1012 Kali
    
TabloidSkandal com ||  Jakarta -  Mau panjang umur, bahagia serta diperlancar rezeki ? Banyaklah bersilaturahmi apalagi di usia senja.  Kata Silaturahmi sering kita dengar diucapkan orang sebagai ganti kata pertemuan, bercengkrama dan saling menukar informasi. Padahal, silaturahmi mengandung makna yang sangat dalam.   Karena jika kita  rajin menyambung silaturahmi itu bisa memperlancar rezeki.              

Demikian dituturkan Yanti Nurdahniar,  saat berbincang di Resto Kampung Kite,  bilangan Kramat Sentiong, Jakarta Pusat, kamis, 16/2/23.

Menurut pemilik dan Kepsek Taman Kanak2 dibilangan Kalibata, Jakarta Selatan  ini, silaturahmi  merupakan suatu amalan yang begitu disukai oleh Allah SWT. Begitu banyak manfaat dan hikmah yang dapat dirasakan bagi siapa saja yang mengamalkannya. "Orang yang senang menyambung silaturahmi akan memperoleh keutamaannya mulai dari bertambahnya saudara, dipanjangkannya umur, hingga dilapangkannya rezeki", papar Yanti sambil mengumbar senyum                     

Menurut ibu empat anak yang aktifis Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Jakarta Selatan, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia  (KBBI),  silaturahmi memiliki arti tali persahabatan atau persaudaraan. Adapun dalam bahasa Arab, silaturahmi berasal dari kata “shilah” artinya adalah menyambung atau menghimpun dan “rahim” adalah kasih sayang. Kesimpulannya,  silaturahmi merupakan sebuah upaya untuk mempererat dan menjalin tali persaudaraan, persahabatan, dan kasih sayang kepada sesama manusia.

Melakukan silaturahmi tidak hanya berkunjung atau berkomunikasi semata dengan  teman, sanak saudara maupun keluarga. Namun, memperbaiki hubungan yang retak menjadi bagian yang penting dalam konsep bersilaturahmi. "Hadirnya rasa saling memaafkan dapat memberikan kedamaian dan ketentraman hidup", tambah perempuan baya yang masih terlihat cantik dan langsing ini              

Sebagaimana  dengan sabda Nabi Muhammad SAW: “Bukanlah bersilaturahmi orang membalas kunjungan atau pemberian, tetapi yang bersilaturahmi adalah yang menyambung apa yang putus,” (HR Bukhari).

Begitupun dengan yang tertulis dalam Al Quran Surat An- nisa ayat 36 yang artinya: "Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri."

Dengan terjalinnya silaturahmi yang baik kepada sesama manusia, ada banyak manfaat yang bisa dipetik. Selain mendapatkan ridho Allah SWT dan memperluas tali persaudaraan, silaturahmi juga mampu melapangkan rezeki.

Lewat silaturahmi, hubungan sosial yang kita bangun akan membuka pintu-pintu rezeki. Misalnya saja dalam hal kerjasama ekonomi atau membangun usaha bersama karena kedekatan dan keakraban semua akan berjalan lancar. Selain itu jika silaturahmi terjalin baik dengan keluarga, rezeki dan kebaikan akan terus mengalir karena rezeki bukan hanya materi, tapi dapat berupa makanan, bantuan tenaga ataupun kebaikan lainnya.

Dalil bahwa silaturahmi dapat melapangkan rezeki dan memperpanjang usia berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW: "Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan dipanjangkan (sisa) umurnya, maka sambunglah (tali) silaturahmi," sebagaimana diriwayatkan  H.R. Bukhari. 

Terkait uraian diatas, maka tak pelak, Yanti  menerima ketika didaulat jadi panitia silaturahmi warga dan mantan warga Kramat Sentiong, khususnya yang tinggal di Rt 2,3 dan 4 yang akan digelar Sabtu, 18 Pebruari besok                            
  "Sudah 30 tahun lebih kami hijrah dari sana, tentu acara ini akan sangat berkesan dan membawa manfaat", pungkas Yanti.

Pewarta : andi gembok

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media TabloidSkandal.com