,
27 Januari 2020 | dibaca: 330 Kali
Wisata Pasar Kreatif Kopi Lanang Malangsari Makin Ramai Dikunjungi Wisatawan
noeh21


Banyuwangi,  Skandal

​​​​​​Wisata Pasar Kreatif Kopi Lanang Malansari di PTPN XII Kebun Malansari,Desa Kebunrejo, Kecamatan Kalibaru,Kabupaten Banyuwangi, mulai banyak dikunjungi wisatawan luar kota. 

Meski  objek wisata baru ini keindahannya dan kesejukannya tak kalah dengan objek wisata lain, ditambah keindahan warung-warung yang menyediakan bermacam-macam jajanan atau kue dengan cita rasa khas kopi wisata ini, memikat wisatawan lokal dan luar daerah.





Perjalanan menuju lokasi Wisata Kreatif Kopi Lanang Malangsari cukup mudah. Pengunjung dapat menempuh perjalan menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Dari pusat Kota Kalibaru menuju lokasi berjarak sekitar 4 km.

Sesampainya di rest area, pengunjung setelah memarkir kendaraannya dapat langsung menikmati suasana wisata tersebut.Di kawasan wisata itu banyak terdapat taman-taman bunga dan berdiri sebuah patung ular simbol kabupaten Banyuwangi, cocok dijadikan latar belakang untuk foto-foto maupun swafoto (selfie).

Tak hanya pengunjung lokal, pengunjung dari berbagai daerah tampak antusias menikmati eksotika yang disajikan Pasar Kreatif Kopi Lanang Malangsari.Pengunjung juga bisa berkeliling di pembedengan kopi,tepatnya disebalah barat area wisata sambil belajar cara-cara membuat bibit atau membedeng kopi unggulan PTPN XII kebun Malangsari.  

Mereka juga bisa berlama-lama di stan warung-warung yang sudah disediakan pengelola,untuk menikmati kopi Lanang dan kopi robusta serta kuwe-kuwe yang beraroma kopi. 

“Tempat wisata ini meskipun terbilang baru,sangat eksotis sekali, alami dan bisa membuat kita menyatu dengan alam,” kata Hj.Istimaul, wisatawan asal Jember Minggu (26/01/2020).

Sejak diresmikannya Wisata Pasar  Kuliner Kopi Lanang Malangsari yang saat ini namanya diganti dengan Wisata Pasar Kreatif Kopi Lanang Malangsari itu oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beberapa bulan yang lalu tepatnya pada tahun 2019,kini Wisata Pasar Kreatif Kopi Lanang Malangsari terus dibanjiri wisatawan. Selain keindahan pemandangannya, wisata ini menjadi jujukan sebagai wisata edukasi.

Banyaknya jumlah varitas tanaman perkebunan,seperti pohon kopi,pohon karet dan banyak pohon lainnya serta berdekatan dengan pembedengan kopi   dijadikan juga sarana edukasi oleh siswa-siswi di beberapa lembaga pendidikan.

Beberapa pengunjung sangat mengapresiasi keberadaan tempat Wisata Pasar Kreatif Kopi Lanang Malangsari itu, sebagai destinasi wisata alternatif setelah beberapa tempat-tempat wisata yang ada di wilayah kecamatan Kalibaru. Di sisi lain para wisatawan juga memberi masukan agar ke depan para wisatawan mempunyai kenangan setelah berkunjung ke objek wisata tersebut.

“Harus lebih ditingkatkan rasa aman, lebih tertib, kebersihan dijaga, udaranya tetap sejuk, dan lebih indah, serta para petugas yang berada di sini harus lebih ramah sesuai dengan Sapta Pesona,” kata Eko Lesmana, wisatan lokal.

Selain itu, lanjutnya, penataan tanaman harus lebih diperhatikan, utamanya pengelompokan jenis tanaman bunga yang ada,biar bertambah indah.{MS}
Berita Terkait
Berita Lainnya