,
16 Agustus 2019 | dibaca: 563 Kali
Dana Desa dan  Permasalahannya.
noeh21


Penulis Edi Suryadi

Alokasi anggaran Dana Desa cukup besar hingga mencapai Rp1.miliar per desa saat ini sesungguhnya merupakan hal positif. Itu menunjukkan keseriusan yang merupakan konsistensi pemerintah, bukan semata menggenjot pertumbuhan, tetapi untuk distribusi ekonomi lebih berkeadilan ke masyarakat desa.

Kebijakan serupa juga dapat mendorong peningkatan partisipasi sosial, terutama pada tataran akar rumput.

Namun, ada  persoalan besar dengan Dana Desa saat ini yang harus dilakukan ke depan jika ingin Dana Desa itu benar-benar efektif kepada masyarakat.

Konon, katanya,  masih banyak kejadian praktek korupsi,penyelewengan dan penyalahgunaan dalam pengimplementasi dana desa yang  memperlihatkan masih buruknya pengelolaan Dana Desa.

Kenapa? Pendistribusian Dana Desa yang besar belum diikuti penyiapan sumber daya  manusia yang mumpuni untuk mengelolanya agar memberi manfaat optimal.tata kelola, pengawasan, dan tanggung jawab yang lemah telah membuka peluang terjadinya korupsi dan penyelewengan yang terjadi....

Kalau pemerintah memang berkomitmen untuk menjadikan desa sebagai masa depan perekonomian Indonesia, model pengelolaan Dana Desa yang demikian tidak bisa dibiarkan. Kemendes harus segera mengevaluasi secara menyeluruh mulai dari penyiapan pendampingan, pengembangan kapasitas aparatur pemerintah desa, hingga pengawasan pengelolaan Dana Desa.***
Berita Terkait
Berita Lainnya