,
24 Juli 2020 | dibaca: 169 Kali
Tim Gugas Survey Peserta Kampung Sehat Se-Kecamatan Sandubaya
noeh21


Mataram Skandal

Menyusul diberlakukannya New Normal pemerintah dituntut untuk melaklukan pendampingan dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk dapat menyesuaikan diri dengan tatanan kehidupan baru pasca masa pandemic agar tetap dengan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sesuai himbauan pemerintah. Untuk menerapkan hal tersebut pemerintah melalui Tim Gugus Tugas (Gugas) Covid-19 menggelar Lomba Kampung Sehat secara serentak diseluruh wilayah NKRI.

Tim Gugas kecamatan Sandubaya Kota Mataram mulai melakukan survey penilaian diwilayahnya ke masing masing lingkungan dengan 4 kriteria penilaian yakni Kelembagaan, Kesehatan beserta sarana pendukungnya, Ekonomi, dan Keamanan.
Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Mataram AKBP Guntur Herditrianto, S.I.K., melaui Kapolsek Cakra Negara AKP Zaki Maghfur, S.I.K., usai survey penilaian di lingkungan Abian Tubuh Baru menjelaskan bahwa kegiatan yang dicanagkan Kapolda NTB tersebut untuk memotifasi masyarakat dalam fase new normal agar terbiasa menerapkan PHBS sesuai panduan standar covid-19, Kamis 23 Juli 2020.

“Sebenarnya lomba kampong sehat ini untuk memotifasi masyarakat menuju zona hijau. Kenapa harus dilombakan, supaya nanti ada stimulus bagi warga. Jika lingkungan bersangkutan sudah dinyatakan hijau insyaallah lingkungan lain diharapkan dapat mengikuti. Kapolda sudah mencanangkan program ini, dan kami sebagai pelaksana ditingkat wilayah bersama bapak Camat Sandubaya dan jajarannya, Koramil 01 Cakra supaya terhenti jangkitan positif corona”, paparnya.

Terpisah Camat Sandubaya Lalu Saharudin, S.Sos., diruang kerjanya mengatakan bahwa selain tujuannya untuk menghentikan penularan covid-19 kegiatan tersebut juga bermuatan edukasi PHBS agar masyarakat dapat menyesuaikan diri dengan new normal,(Kamis 23/7).

“Kegiatan  lomba kampong sehat ini dilaksanakan selain tujuannya untuk menghentikan penularan covid-19  juga bermuatan edukasi PHBS agar masyarakat dapat menyesuaikan diri dengan new normal. Rangkaian kegiatan ini melibatkan seluruh elemen masyarakat dan jajaran Muspika yang terlibat dalam tim Gugas. Kegiatan kampung sehat ini ada unsure kolaborasi dengan PCBL dan seluruh lingkungan melaksanakannya. Dari hasil penilaian akan terseleksi 3 lingkungan terbaik dan tersehat perkecamatan. Tim jurinya terdiri dari seluruh unsure Tim Gugas Covid-19 dan kegiatan ini digagas oleh Polri”, ujarnya.(N3G)
Berita Terkait
Berita Lainnya