,
20 Juli 2020 | dibaca: 323 Kali
Suryati dan Wiji, Terima Perbaikan Rumah dari Yayasan Cinta Dhuafa Kendal.
noeh21


Kendal, Skandal

Anak Nasional(HAN) yang diperingati setiap tanggal 23 Juli menjadi kado istimewa bagi Titik Suryati (13) dan Wiji Astuti (7).

Titik yang sekarang duduk di SMP dan adiknya Wiji kelas 1 SD mendapat kado berupa perbaikan rumah dari Yayasan Cinta Dhuafa.

Rumah yang ditempati kakak beradik bersama kedua orang tuanya di Dusun Dampal RT 1 RW 2 Desa Dempelrejo Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal dipugar oleh Yayasan Cinta Dhuafa Kendal dibantu puluhan relawan mulai Minggu (20/7/2020). 

Rumah setengah tembok yang belum disemen dengan papan kayu di atasnya itu tidak memiliki kamar mandi khusus, namun hanya sumur yang hanya ditutup anyaman bambu dan plastik.

Demikian juga kondisi WC hanya ditutup ala kadarnya dengan plastik. 

Kedua orang tuanya, Suripto dan Nur Khasanah yang hanya bekerja sebagai buruh serabutan, tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, sehingga membutuhkan bantuan. 

Selama ini meteka hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah, seperti Program Keluarga Harapan (PKH).  

Pengurus Yayasan Cinta Dhuafa Kendal, Farhan Satria mengatakan, kedua anak itu merupakan anak asuh Yayasan Cinta Dhuafa yang setia bulannya mendapatkan bantuan uang Rp. 100 ribu untuk keperluan sekolah. 

Yayasan Cinta Dhuafa Kendal sebenarnya hanya fokus pada bantuan pendidikan kepada anak-anak yatim piatu dan dhuafa, seperti bantuan rutin bulanan sebesar Rp 100 ribu dan khitan gratis. 

Dalam kondisi tertentu, Yayasan Cinta Dhuafa juga memberikan bantuan lainnya, di antaranya perbaikan rumah. 

"Perbaikan rumah ini sebenarnya bukan program utama Yayasan Cinta Dhuafa Kendal, namun karena melihat kondisi rumah dari anak asuh itu cukup memprihatinkan, maka Yayasan melakukan perbaikan," kata Farhan Satria.


Dikatakan, perbaikan rumah tersebut sebenarnya sudah direncanakan sati tahun lalu, namun karena harus menunggu dana terkumpul dari para donatur, maka perbaikan belum bisa dilakukan.
Tahun ini, karena ada seorang donatur yang memberikan donasi yang cukup besar, maka perbaikan rumah baru bisa dikerjakan.

 "Ada donatur, orang Kendal yang bekerja di luar negeri sanggup membantu perbaikan rumah seperti yang direncanakan," jelas Farhan Satria. 


Suwito, relawan Cinta Dhuafa Kendal mengatakan, perbaikan rumah ini ditargetkan satu hari selesai.

Bagian yang diperbaiki yaitu merubah bagian belakang rumah menjadi tampilan depan dan pembenahan bagian kamar mandi dan WC. 

Dengan dibantu sekitar 50 relawan, bagian belakang rumah dibongkar, kemudian diperbaiki menjadi tampilan depan rumah.

 "Perbaikan rumah ini selain merupakan kegiatan HUT Yayasan Cinta Dhuafa Kendal, sekaligus menyambut Hari Anak Nasional," katanya.(Mam/Spw)
Berita Terkait
Berita Lainnya