,
18 Mei 2019 | dibaca: 1445 Kali
Proyek Jalan Rp 200 Miliar Diduga Dikerjakan Tidak Sesuai RAB
noeh21
Jalan rusak parah di desa bangkit jaya kecamatan sungai keruh kabupaten Muba dengan anggaran Rp 200 M
Muba, Skandal

Pembangunan jalan dari Desa Tebing Bulang - Mekar Jaya sepanjang  57. 90 km, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin senilai Rp 200 Miliar diduga tidak sesuai Rancangan Anggaran Bangunan (RAB).

Jalan yang dimulai dari Km 11 Jirak ( Jirak-Talang Mendung dan Jirak - Layan - Bangkit Jaya ) - Jembatan Gantung - Talang  Simpang -SP Rukun Rahayu -  Mekar Jaya menggunakan dana pinjaman Pemkab Muba dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 200 miliar.

Sumber-sumber menyebutkan awal pekerjaan proyek jalan itu  titik nolnya di desa Tebing Bulang di hadiri oleh TP4D yang dikordinatori oleh  Kepala Kejari Sekayu.

"Namun  awalnya saja dikawal oleh TP4D,  di pengujung akhir pekerjaan kurang pengawasan, baik dari dinas terkait maupun dari TP4D," ungkap sumber.

Akibatnya  pihak ketiga yang mengerjakan pekerjaan jalan itu diduga sudah tidak sesuai dengan RAB. Terbukti jalan itu sudah rusak parah dan belum adanya upaya pemeliharaan.

"Lagipula aspalnya pun terlihat  sangat tipis , serta pemadatan tanah dan pondasinya pun di duga asal jadi," papar sumber.

Salah satu warga di Desa Bangkit Jaya menyebutkan  pembangunan jalan  poros di desanya di kerjakan asal jadi saja. Padahal jalan di Bangkit Jaya ini selesai sekitar dua bulan lalu, perkiraan  Febuari 2019 lalu.

"Sekarang  lihatlah jalannya sudah rusak parah. Kami kira antara pemborong dengan dinas PU di duga ada kong kali kong," ungkap warga tersebut.

Sampai berita diturunkan,  dinas terkait dan TP4D belum dapat dikonfirmasikan, ( idris)
Berita Terkait
Berita Lainnya